Gunakan Hak Berpendapat, Kementerian PPPA Gelar Suara  Anak Penyandang  Disabilitas

romi
Gunakan Hak Berpendapat, Kementerian PPPA Gelar Suara  Anak Penyandang  Disabilitas
Penyanyi anak penyandang disabilitas di Kemn PPPA/ ist

Jakarta, HanTer - Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengelar kegiatan tulis menulis  yang diperuntukan khusus bagi anak peyandang disabilitas dengan tajuk Suara Anak Disabilitas.

Kegiatan ini digagas Deputi Bidang Perlindungan Anak bekerjasama dengan Musik Hana Midori  ini agar menjadi ruang baru bagi anak penyandang disabilitas dalam mempergunakan hak  mereka  untuk menyampaikan pendapat.

“Selain itu menjadi wadah terhadap yang mereka rasakan dan mengurai harapan-harapan mereka,” kata Deputi Bidang Perlindungan Anak, Nahar SH, M.Si, di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Dikatakan Nahar, saat ini ada kenyataan di masyarakat  bahwa keluarga yang memiliki anak penyandang disabilitas,  jarang mau melibatkan si anak dalam  berbagai kegiatan. “Bahkan ada anggapan, si anak tidak  perlu disekolahkan. Ini persepsi yang  kurang  menguntungkan bagi perkembangan si anak,” terangnya.

Yen Sinaringati, Produser Eksekutif  dari Musik Hana Midori yang mengerjakan soal teknis  event ini, menyebut pengumpulan materi naskah sudah dilakukan sejak 8 April sampai batas akhir pada 8 Juni 2019. 

“Karya perseorangan yang dikirim wajib asli  dan tidak boleh memuat unsur pornografi dan SARA. Naskah bisa  dikirim ke email suaranakdisabilitas@gmail.com,” kata Yen

Sedangkan, sRina Prasarani salah satu dewan juri, mengatakan kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Kemen PPPA ini akan mengundang partisipasi  peserta anak-anak penyandang disabilitas, yang terbagi dalam 5 kategori.

“Disabilitas Fisik, Disabilitas Intelektual, Disabilitas Mental, Disabilitas Sensorik dan Disabilitas Ganda/Multi, dengan usia peserta adalah sebelum 18 tahun, dan khusus untuk anak penyandang disabilitas intelektual boleh sampai dibawah usia 25 tahun,” katanya.
 

#Kemen   #PPPA   #Suara   #Anak   #Disabilitas