Inilah Tren Baru Senam Bolly'D yang Digemari Masyarakat

romi
Inilah Tren Baru Senam Bolly'D yang Digemari Masyarakat
Komunitas BollyD usai tampil di FX Senayan/ ist

Jakarta, HanTer - Magnet film Bollywood ternyata berimbas pada penampilan gerak seseorang. Buktinya, kini hadir sebuah gerakan koreo senam Bolly’D yang gemulai dan dinamis. 

Adalah Irma Kusuma Dewi atau biasa disapa Irma Habner berhasil mengkombinasikan tari tradisional India seperti Bhangra, Kathak, Bharanathyam dengan gerakan fitnes. Nah, genre senam itu dinamai Bolly’D yang kemudian mendirikan komunitas Instructor Bollywood Dance Fitness yang sudah ditraining .

“Dinamai BYDIS yang mana anggotanya Bydis sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia,” kata Irma, di Jakarta, baru-baru ini. 


Selain itu, kata Irma, instrumen musik yang di gunakan dalam Bolly’D menggunakan musik-musik asal negeri Mahatma Gandhi itu. Musik India yang dipilih tak sembarangan harus yang up beat agar dapat memberikan atmosfer ceria dan penuh bersemangat ketika bergoyang. 

“Ada beberapa gerakan yang memang saya improve sendiri, tapi tidak lepas dari arti atau makna dari lagu yg dibawakan. Ada juga gerakan yang memang kita ambil dari beberapa gerakan tarian tarian klasik India, yang sudah kita modifikasi,” terangnya. 

Koreografi senam yang begitu apik dalam memadu padankan musik India dengan gerakan fitnes sudah dilakukan Irma sejak 2012 silam. Saat itu dirinya masih menjadi instruktur di salah satu sanggar di Jakarta, lalu kemudian pada tahun 2014 Irma mendapatkan kesempatan mengajar di salah satu Gym Besar di Jakarta. 

Perjuangan untuk mengenalkan koereografi yang terbilang masih awam bagi sebagian besar di Indonesia bukanlah tanpa perjuangan yang ringan. Bagaimana tidak, yang mengikuti kelas senamnya hanya dua orang dan pada satu bulan pertama paling banyak hanya empat orang.

Perasaan kecewa dan frustasi bercampur menjadi satu dialami olehnya. Beruntung pemilik studio gym itu terus menyemangatinya. Irma pun meminta kepada pihak studio untuk membuat special class untuk memperkenalkan Bolly’D. Dibuatlah event fitnes dance marathon. Empat genre senam aerobik termasuk Bolly’D dilaksanakan secara berturut-turut. 

“Sejak saat itu member saya bertambah terus dan selama duabulan berturut turut member saya mencapai diatas 45 hingga 48 orang dalam satu kelas,” kenangnya. 

Irma tak merasa puas dengan pencapaiannya tersebut. Dia pun lebih giat lagi mendalami seni tari India sebagai basic. Ditahun itu juga Irma terbang ke Singapore untuk belajar dengan Shakti Mohan di dance Bollywood International. Shakti Mohan sendiri sudah terkenal malang melintang sebagai koreografer dan aktor di film Bollywood. 
 

#BollyD   #Tren   #Baru   #Senam