Selangkah Lagi, Garuda Jadi Maskapai Terbaik di Dunia  

Hermansyah
Selangkah Lagi, Garuda Jadi Maskapai Terbaik di Dunia  
Garuda Indonesia

Jakarta, HanTer – Hanya butuh selangkah lagi bagi maskapai Garuda Indonesia untuk meraih predikat terbaik di dunia. Untuk itu, Garuda Indonesia mengajak partisipasi publik guna meneruskan hegemoni ini. Buruan kirim vote kepada kanal Skytrax Awards melalui email pribadi masing-masing.
 
Peluang Garuda Indonesia meneruskan hegemoni dalam program Skytrax Awards sangat terbuka. Garuda tercatat menjadi 3 nominator dari 6 kategori Skytrax Awards. Nominasi tersebut diantaranya, Best Airline Cabin Staff, Best Airline Meals, dan Best Airline. 

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, partisipasi diperlukan untuk mengunci status terbaik milik Garuda Indonesia.
 
“Garuda Indonesia menunggu dukungan semua lapisan masyarakat. Dengan kolaborasi besar ini, 3 nominasi terbaik tersebut pasti akan diraih,” ungkap Menpar, Selasa (25/12).
 
Skytrax menjadi lembaga pemeringkat penerbangan independen dunia dari Inggris. Selain nominasi ini, Skytrax Awards juga memiliki 3 kategori lain. Nominator itu Best Airline Seat, Best Airline Lounge, dan Best Inflight Entertainment. Bertarung di level dunia, Garuda Indonesia menjadi langganan peraih penghargaan Skytrax. Maskapai tersebut saat ini tercatat sebagai ‘Awak Kabin Terbaik Dunia’.
 
Garuda sudah 5 tahun beruntun mengunci status ini. Predikat The World’s Best Cabin Crew 2018 ini diraih Juli kemarin. Gelar tersebut didasarkan kepada penilaian Customer Satisfaction Survei. Survei ini melibatkan 18 juta penumpang. Total ada 41 aspek terkait produk dan layanan yang dinilai.
 
“Garuda Indonesia menjadi maskapai yang sering mendapatkan penghargaan dari Skytrax. Hal ini tentu mengindikasikan kualitas terbaik yang dimiliki oleh Garuda Indonesia. Maskapai ini telah membuktikan sebagai salah satu yang terbaik di dunia,” terang Menpar lagi.
 
Demi merealisasikan status terbaik Garuda dalam Skytrax Awards, ada beberapa hal yang diperhatikan. Untuk kategori Best Airline Cabin Staff, silahkan klik http://bit.ly/GAbestcabincrew. Berikutnya isi kolom yang diminta. Pastikan pertanyaan pertama ‘Which Airline has the Best Cabin Staff?’ dijawab ‘Garuda Indonesia’. Terkait dengan status posisi cabin staff, pastikan 5 bintang terisi semuanya.
 
Bila semua kolom diminta sudah terisi, jangan lupa insert-kan email personal. Lalu, klik juga persetujuan penggunaan data dan informasi untuk kepentingan survey. Bila syarat diminta sudah lengkap, segera submit. Setelah satu kategori selesai, lanjutkan vote untuk nominasi Best Airline Meals. Caranya serupa, klik dahulu http://bit.ly/GAbestairlinemeals.
 
Untuk Best Airline Meals, pastikan Garuda Indonesia menjadi jawaban pertanyaan ‘Which Airline serves the Best Onboard Meals?’ Berikutnya, berikan jawaban terbaik untuk setiap kolom pertanyaan. Berikan juga 5 bintang untuk setiap poin pernyataan status Best Airline Meals. Setelah semuanya terisi, masukan email pribadi dan klik submit seperti yang diminta.
 
“Pastikan semua kolom diisi dengan jawaban terbaik. Sebab, secara kualitas Garuda Indonesia ini secara umum memang luar biasa. Bukan hanya keramahannya, tapi makanannya bagus. Garuda Indonesia juga layak sebagai maskapai terbaik,” tegas Menpar.
 
Terkait vote untuk Best Airline, cara sama juga diterapkan. Setelah http://bit.ly/GAbestairline ini diklik, isikan ‘Garuda Indonesia’ untuk ‘Which airline do you consider to be the World's Best Airline?’ Setelah itu, ikuti petunjuk seperti sebelumnya. Pastikan 5 bintang diberikan pada setiap point pertanyaan yang diajukan dalam survey. Terakhir, masukan email pribadi sebagai biodata voter.
 
“Garuda Indonesia ini layak menjadi maskapai terbaik di dunia. Semua prasyarat ini sudah terpenuhi, apalagi Garuda Indonesia ini sudah terkoneksi secara digital. Ada airline website-nya, check-in bisa dilakukan secara online. Garuda juga memiliki aplikasi khusus. Yang jelas ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Garuda. Hal ini sebagai bukti kualitas dunia yang ditawarkan,” terang Menpar lagi.
 
aruda Indonesia sebelumnya meraih peringkat 5-Star Airline dari Skytrax. Status terbaik ini diraih pada Februari 2018. Gelar serupa sebelumnya diraih Garuda pada 2016 dan 2014 silam. Dengan status utama ini, Garuda Indonesia menjadi satu dari sepuluh maskapai terbaik di dunia. Menpar menambahkan, Skytrax Awards menjadi penyempurna pujian bagi Garuda Indonesia.
 
“Segera saja lakukan proses voting dari sekarang. Sebab, setiap suara yang masuk akan sangat berarti bagi Garuda dan masa depan penerbangan Indonesia. Apapun status terbaik yang diraih dari tingkat dunia berfungsi sebagai calibration, confidence, dan credibility. Jadi, segera lakukan vote,” tutupnya.