Dorong Kemajuan Industri Kreatif Animasi

Bengkel Animasi, Sinar Mas Land dan Intel Selenggarakan Indonesian CG Heroes

Anugrah
Bengkel Animasi, Sinar Mas Land dan Intel Selenggarakan Indonesian CG Heroes
Indonesian CG Heroes bersinergi dengan program Sinar Mas Land dalam mengembangkan ekosistem digital, khususnya bidang animasi di BSD City.

BSD City, Jakarta - Bengkel Animasi didukung oleh Sinar Mas Land dan Intel menyelenggarakan acara yang bertajuk Indonesian CG Heroes di Auditorium Green Office Park 9, BSD City. Acara ini menjadi titik temu dan berkumpulnya para stakeholder industri animasi Indonesia, mulai dari studio animasi/ games, praktisi, institusi pendidikan, pelajar/ mahasiswa dan institusi-institusi pemerintah terkait.

Indonesian CG Heroes dihadiri oleh Kementrian Perindustrian Indonesia, serta berkolaborasi bersama pakar animasi ternama seperti Ronny Gani – Senior Animator Film Avengers: Infinity War, Rini Sugianto – Senior Animator Film The Hobbit: The Desolation of Smaug, Andre Surya – CG Artist Film Transformers: Revenge of the Fallen dan Denny Ertanto Digital Compositor Film: War for the Planet of The Apes. Acara ini juga menghadirkan lead animator dalam Assassin’s Creed Games, dan Kevin Herjono, ahli special effect dan 3D yang telah menangani berbagai proyek di Hollywood Amerika Serikat seperti film Deadpool, Avengers dan sejumlah film terkenal lainnya.

Melalui Indonesian CG Heroes, Bengkel Animasi bersama-sama dengan Sinar Mas Land dan Intel memiliki misi dalam mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan perekonomian kreatif terbesar di Asia. Melihat besarnya potensi dunia animasi digital, Indonesian CG Heroes menjadi ajang edukasi dan networking bagi stakeholder industri animasi lokal tentang daya tarik industri animasi digital dan kontribusinya terhadap perekonomian negara di masa depan.

Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land menjelaskan Industri kreatif di Indonesia, khususnya bidang animasi, sangat berkembang, dan bahkan belum mencapai potensi maksimalnya, sehingga masih terbuka ruang untuk berkembang lebih besar lagi dan memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

''Banyak studio-studio animasi lokal di seluruh Indonesia, mulai dari Infinite Studios di Batam, The Little Giantz, Enspire, dan MNC Animation di Jakarta, sampai Base Studio di Bali, dengan kapasitas tenaga kerja secara umum berkisar antara 100-300 orang di setiap perusahaan. Mereka mengerjakan proyek-proyek animasi dari berbagai macam Negara,'' ujar Irawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/11/2018).

Menurutnya, dengan menjadi negara dengan populasi terbesar ke 4 di dunia, kita memiliki sumber daya manusia yang sangat besar, namun dari segi kualitas, harus diakui adanya ketertinggalan jika dibandingkan negara-negara tetangga di tingkat Asia Tenggara. 

''Kualitas animator Indonesia yang harus mampu bersaing secara internasional menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dan perkembangan industri animasi kita,'' jelasnya.

Ronny Gani, pendiri dari Bengkel Animasi mengatakan, Bengkel Animasi hadir untuk meningkatkan kualitas animator muda, melalui program-program pelatihan yang intensif dan melibatkan para praktisi dan perusahaan-perusahaan animasi di Indonesia. 

''Kami juga secara aktif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang potensi industri animasi untuk menjadi peluang karir yang berkesinambungan bagi insan-insan kreatif Indonesia,'' ujar Ronny.

The First Integrated Smart Digital City – BSD City

Melalui acara ini, Sinar Mas Land berkomitmen untuk memajukan ekonomi serta ekosistem digital dan animasi di BSD City melalui kawasan “Digital Hub” sebagai bagian dari transformasi BSD City menjadi “The First Integrated Smart Digital City” yang didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Keberadaan infrastruktur jaringan fiber optik tentu semakin memperkuat keunggulan BSD City karena didukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas, hingga kesiapan pelayanan cloud kelas dunia. 

Dimulai dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City. Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions.

Kembali kepada keterangan Irawan besarnya market digital masyarakat Indonesia saat ini merupakan peluang yang mendukung berkembangnya dunia kreatif digital di Indonesia, khususnya di bidang animasi. Animasi sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif digital yang memiliki potensi emas apabila didukung dengan fasilitas dan edukasi yang memadai. 

''Fasilitas dan edukasi yang memadai akan meningkatkan kompetensi animator lokal untuk bersaing di pasar yang kompetitif baik di dalam negeri maupun internasional. Sejalan dengan hal tersebut, Sinar Mas Land selalu berusaha memberikan fasilitas edukasi untuk mendukung kemajuan dunia animasi di Indonesia, salah satunya dengan mengadakan Indonesian CG Heroes. Selain itu kami juga akan membangun Animation Valley yang akan menjadi ekosistem animasi digital di Digital Hub BSD City,'' jelas Irawan.

#MulaiSuksesMu bersama Intel  

Kolaborasi bersama tim Bengkel Animasi dalam acara CG Heroes, merupakan salah satu rangkaian aktifitas dalam Kampanye #MulaiSuksesmu dari Intel, yang bertujuan  memberdayakan generasi muda Indonesia dengan teknologi dan sumber daya yang tepat untuk memulai perjalanan mereka menuju kesuksesan. #MulaiSuksesmu ditujukan bagi mahasiswa universitas di Indonesia yang kekurangan akses kepada sumber daya yang mampu membantu mengubah keinginan dan kemampuan mereka menjadi bentuk karir yang menjanjikan. 

Kampanye ini telah berlangsung sejak bulan April 2018 dan berlangsung di 8 kota, dan 29 universitas di Indonesia. 

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang memungkinkan kreasi animasi menjadi lebih canggih dan hidup, menurut tim Research & Markets, tren pasar untuk Global Animation, VFX & Games diproyeksikan akan mencapai US$270 Milliar di tahun 2020. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk generasi muda Indonesia mengambil bagian dan berperan dalam industri ini.   

“Kami melihat bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi dalam memanfaatkan teknologi untuk sukses dalam kesempatan karir baru seperti dalam bidang animasi, khususnya animasi CGI. Maka itu, kami ingin membantu mereka untuk mencapai sukses dengan menghubungkan mereka dengan para ahli seperti Ronny Gani, Rini Sugianto, Andre Surya, dan lainnya” kata Rini Hasbi, Consumer Marketing Manager, Intel Asia Pacific and Japan Territory. “Semoga semua kegiatan rangkaian #MulaiSuksesmu melalui Indonesia CG Heroes 2018 dapat mendorong anak muda untuk mengubah passion menjadi karir berkat kehebatan teknologi.