Ditengah Pandemi Perum PPD Luncurkan  Enam Trayek Baru Di Wilayah Bogor 

Alee
Ditengah Pandemi Perum PPD Luncurkan  Enam Trayek Baru Di Wilayah Bogor 
Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), mulai Selasa (4/8/2020) melayani Uji Coba Layanan Bus dengan rute Grand Central Bogor ke Stasiun Juanda, Stasiun Tebet, dan Stasiun Manggarai. 

Jakarta, HanTer-- Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), mulai Selasa (4/8/2020) melayani Uji Coba Layanan Bus dengan rute Grand Central Bogor ke Stasiun Juanda, Stasiun Tebet, dan Stasiun Manggarai. 

Pelaksanaan Flag Off  uji coba pengoperasian bus Jabodetabek Residence Connexion (JRC) milik Perum PPD ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Kepala BPTJ Polana Banguningsih Pramesti, dan Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa bertempat di Grand Central Bogor (Stasiun Bogor).

Dalam pelayanan uji coba ini, Perum PPD meluncurkan sebanyak 6 bus JRC yang akan dioperasikan secara regular yang melayani 3 rute tujuan keberangkatan sekaligus, adapun jam operasional keberangkatan JRC Grand Central Bogor sebagai berikut:

Grand Central Bogor – Stasiun Juanda: Berangkat pada pukul 05.15, 05.45, 07.30 WIB dari Grand Central Bogor dan kembali dari Stasiun Juanda pada pukul 16.30, 17.00, 19.30 WIB yang melewati rute Grand Central Bogor (St. Bogor)  -  Jl. Raya Dramaga - Jl.  Ir H Juanda - Jl.  Jalak Harupat - Jl.  Raya Pajajaran -   Jl.  Tol Jagorawi - Jl.  Tol Lingkar Dalam - Exit Semanggi - Jl.  Jenderal Sudirman - Dukuh Atas - Jl.  M.H. Thamrin - Jl. Medan Merdeka Barat - Jl.  Majapahit - Jl.  Gajah Mada - Jl.  Hayam Wuruk - Stasiun Juanda. 

Grand Central Bogor – Stasiun Manggarai: Berangkat pada pukul 05.20, 05.50, 07.40 WIB dari Grand Central Bogor dan kembali dari Stasiun Manggarai pada pukul 16.30, 17.00, 19.30 WIB yang melewati rute Grand Central Bogor (St. Bogor)  -  Jl. Raya Dramaga - Jl.  Ir H Juanda - Jl.  Jalak Harupat - Jl.  Raya Pajajaran -   Jl.  Tol Jagorawi - Jl.  Tol Ir. Wiyoto Wiyono - Exit Jatinegara - Jl. Bekasi Barat - Jl.  Bekasi 1 - Jatinegara – Manggarai.

Grand Central Bogor – Stasiun Tebet: Berangkat pada pukul 05.30, 06.00, 07.45 WIB dari Grand Central Bogor dan kembali dari Stasiun Tebet pada pukul  6.30, 17.00, 19.30 WIB yang melewati rute Grand Central Bogor (St. Bogor)  -  Jl. Raya Dramaga - Jl.  Ir H Juanda - Jl.  Jalak Harupat - Jl.  Raya Pajajaran -   Jl.  Tol Jagorawi - Exit Cawang Uki - Jl.  D. I.  Panjaitan - Jl.  Jend. Basuki Rachmat - Jl.  K.H. Abdullah Syafei - Jl.  Casablanca - Jl. Rasuna Said – Kuningan. 

Fasilitas Terbaik

Seluruh JR Connexion milik Perum PPD menawarkan fasilitas yang sangat baik dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat urban diantaranya Wi-Fi, stop kontak charger, Air Conditioner, reclining seat dan penyediaan hand sanitizer serta penerapan E-ticketing multikartu untuk mengedepankan keamanan untuk meniadakan penyebaran kontak langsung antar penumpang.
 
Sementara dari aspek kesehatan Perum PPD menerapkan protokol keselamatan dengan pengecekan suhu tubuh penumpang sebelum memasuki armada bus JRC, serta dilakukan pembersihan pada interior dan eksterior bus dengan cairan desinfektan.

Selaku penyedia jasa pengangkutan umum, Perum PPD telah memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap angkutan umum Jabodetabek yang aman, nyaman, dan murah. Untuk sekali naik, tarif yang ditawarkan selama masa promosi adalah Rp. 15 ribu dengan kapasitas penumpang mengikuti protokol jaga jarak dari Kementerian Perhubungan yaitu maksimal 70%.

Pande Putu Yasa Direktur Utama Perum PPD mengungkapkan, langkah Perum PPD dalam mendukung program pemerintah dalam mengurangi peryebaran Covid-19 di transportasi umum akan terus mengalami perubahan menjadi lebih baik.

 "Untuk evaluasi akan kami lakukan sebulan sekali, meski normalnya dalam menjalankan angkutan umum tiga bulan sekali. Karena ini sedang pandemi covid-19 jadi sebulan sekali akan kami tinjau kelebihan dan kelemahannya," Ujar Putu.

Polana Banguningsih Pramesti selaku Kepala BPTJ mendukung adanya layanan yang dibuka oleh Perum PPD ini dalam rangka menerapkan paket kebijakan yang lebih komprehensif untuk menangani penumpukan penumpang KRL Jabodetabek pada waktu tertentu khususnya di wilayah Bogor

“Menyediakan dan meningkatkan layanan bus Jabodetabek Residence (JR) Connection di wilayah Bogor dan sekitarnya. Kebijakan ini untuk mengakomodir kelompok pengguna KRL yang memiliki kemampuan finansial untuk memanfaatkan moda lain ketika tidak terakomodir KRL.” Pungkas Polana.

Sejak bulan Juli Perum PPD telah membuka 6 trayek baru melalui layanan andalan Jabodetabek Residence Connexion (JRC) Premium di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor. Trayek tersebut adalah Sentul City – Blok M, Taman Sari Persada Bogor – Blok M, Taman Sari Persada – Juanda, Grand Central Bogor – Stasiun Juanda, Grand Central Bogor – Stasiun Manggarai, Grand Central Bogor – Stasiun Tebet. 

Pengadaan trayek baru ini Perum PPD membuktikan konsistensinya dalam rangka pengurangan polusi udara yang disebabkan oleh penggunaan transportasi pribadi serta sebagai pilihan alternatif warga Sentul dalam memakai transportasi umum untuk berpergian ke Ibu Kota.