Indef: Perusahaan Nasional Harus Maksimal Kucurkan Dana CSR Perangi Corona

Anu
Indef: Perusahaan Nasional Harus Maksimal Kucurkan Dana CSR Perangi Corona
Ilustrasi

Jakarta, HanTer - Lembaga kajian ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) meminta perusahaan nasional, terutama BUMN untuk memaksimalkan dana tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) dalam membantu pemerintah memerangi COVID-19.

"CSR perusahaan, baik BUMN maupun swasta akan sangat membantu," ujar peneliti Indef Rusli Abdullah ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (17/3).

Ia mengatakan dana CSR itu dapat berupa pelayanan tes kesehatan gratis ke wilayah-wilayah untuk menahan penyebaran COVID-19.

"Bisa datang ke RT/RW dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, itu dapat mengantisipasi dini penyebaran COVID-19," katanya.

Selain itu, lanjut dia, alat kesehatan seperti masker dan alat kesehatan pendukung lainnya juga dapat mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia.

"Dalam hal ini BUMN harus menjadi garda terdepan dalam membantu penanggulangan penyebaran COVID-19," ucapnya dikutip Antara.

Ia menambahkan bantuan pangan juga harus disiapkan jika opsi "lockdown" (menutup kota atau negara) diambil pemerintah. Namun diharapkan, opsi itu tidak sampai terjadi.

"Maka itu, harus dicegah secepat mungkin agar penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas. Perusahaan juga memiliki peran dalam hal menahan penyebaran COVID-19," katanya.

Rusli juga mengatakan di tengah mewabahnya COVID-19 saat ini, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tentu bakal terkena dampak

Ia menyarankan agar perbankan memberikan keringanan bunga kredit bagi UMKM yang terdampak corona, termasuk pelaku usaha di sektor pariwisata.

"UMKM harus diperhatikan karena dampak terhadap masyarakat cukup dekat," ucapnya.