BKPM Pede Target Investasi Rp886 Triliun Tercapai

Arbi
BKPM Pede Target Investasi Rp886 Triliun Tercapai
ilustrasi. (Ist)

Jakarta, HanTer - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) optimistis realisasi investasi Indonesia akan tercapai sesuai target tahun 2020 sebesar Rp886 triliun meski ekonomi dunia saat ini dibayangi wabah virus corona.

"Dari data BKPM yang kami punya, dan potensi investasi yang akan direalisasikan, kami yakin Insya Allah akan mencapai target," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Menurut dia, Omnibus Law Perpajakan dan Cipta Kerja akan menjadi salah satu instrumen yang menarik investasi ke Indonesia karena memberikan kemudahan dan insentif bagi investor. "Kalau ini bisa cepat dilakukan, saya yakin realisasi pertumbuhan investasi itu bisa sampai 0,2-0,3 persen dari hasil omnibus law tahap pertama," katanya.

Selain itu, optimisme pencapaian investasi tahun ini, kata dia, juga berkaca dari realisasi investasi tahun 2019 yang melampaui target. Ia mencatat realisasi investasi tahun 2019 mencatat surplus hingga Rp18 triliun dari target sebesar Rp792 triliun menjadi Rp809,6 triliun.

Sementara itu, terkait wabah virus corona, Bahlil mengungkapkan hingga saat ini investasi di Tanah Air masih normal. Meski begitu, BKPM akan terus memantau perkembangannya dan akan mengumumkan pengaruh kepada investasi Indonesia secara triwulanan. "Nanti kami lihat sampai Maret. Maret akhir jika belum teratasi, saya akan umumkan seberapa besar dampaknya kepada realisasi investasi," imbuh Bahlil.