BPJAMSOSTEK Salemba Edukasi Perusahaan Terkait Pemanfaatan PLKK

Arbi
BPJAMSOSTEK Salemba Edukasi Perusahaan Terkait Pemanfaatan PLKK
Sosialisasi pemanfaatan Pusat Layanan Kesehatan Kerja (PLKK) di RS St.Carolus Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Jakarta, HanTer - BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Salemba memberikan sosialisasi kepada 50 perwakilan dari 25 perusahaan peserta Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, terkait pemanfaatan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

Kegiatan bertajuk “Gathering Perusahaan dalam Rangka Memperingati Bulan K3” itu berlangsung di Rumah Sakit St. Carolus, Salemba, Jakarta, Rabu (12/2/2020). Tampak sejumlah peserta terlibat aktif berdiskusi dan bertanya dalam sosialisasi tersebut.

“Sosialisasi ini rutin kita gelar. Khusus kali ini, yang diundang adalah perusahaan-perusahaan kategori gold dan platinum, yaitu perusahaan skala besar yang terdaftar di BPJAMSOSTEK Salemba,” kata Kunyata Fadilah, Pps Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Salemba yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan.

Kunyata menjelaskan, kegiatan ini melibatkan RS St. Carolus yang merupakan PLKK mitra dari BPJAMSOSTEK sejak 2017 silam. PLKK ini berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada setiap peserta yang mengalami kecelakaan kerja dan atau sakit akibat kerja.

“Sejak 2017 bekerjasama, RS St. Carolus hingga saat ini terus memperbaiki mutu dan peningkatan layanannya, termasuk kelengkapan fasilitas dan teknologi serta tenaga medis dalam memberikan pelayanan dalam kasus-kasus kecelakaan kerja,” jelasnya.

Kabid Pelayanan BPJAMSOSTEK Salemba, Kunyata Fadilah, saat memberikan sambutan.

Ia melanjutkan, setiap peserta yang mengalami kecelakaan kerja bisa langsung mendatangi PLKK dengan menunjukkan kartu peserta BPJAMSOSTEK. Untuk itu, Kun mengimbau pemberi kerja untuk memastikan pekerjanya dan vendor yang bekerjasama perusahaan sudah menjadi peserta. Apalagi saat ini manfaat naik tanpa kenaikan iuran.

BP Jamsostek untuk itu ,kun menghimbau pekerja untuk memastikan karyawannya atau Vendor kerjasama perusahaan  sudah menjadi peserta karena iuran tidak naik tetapi maafaatnya naik dan tertib membayar iuran agar dapat terlayani

“Asalkan kepesertaan aktif, seluruh biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung penuh tanpa batasan sesuai indikasi medis,” katanya.

Selama perawatan, peserta juga akan mendapatkan mendampingan dari case manager BPJAMSOSTEK. “Kita terus bersinergi dengan PLKK, termasuk RS St.Carolus ini guna memastikan pelayanan yang diberikan seoptimal mungkin,” katanya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama RS St. Carolus dr. Endratomo Soemargono Sp,OT berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pasien. Peningkatan fasilitas juga terus dilakukan termasuk penambahan tenaga subspesialis kasus-kasus trauma pada kecelakaan kerja.

“Khusus pasien BPJS Ketenagakerjaan kita siapkan dua residen yang telah dilengkapi dengan teknologi terbaru dan menambahan dokter subspesialisasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Case Manager BPJAMSOSTEK Salemba Fatiha Nurul turut menginformasikan peningkatan manfaat pada Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang tertuang Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2019 kepada peserta yang hadir.