Pimpinan Baru PLN Diminta Tingkatkan Kualitas Layanan

Arbi

Jakarta, HanTer - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengharapkan penetapan direktur utama dan komisaris utama baru PT PLN (Persero) berdampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan dan performa perusahaan setrum negara tersebut.

"Pengalaman keduanya tentu akan meningkatkan profesionalisme dan transparansi manajemen PLN dan akan memberikan dampak yang positif meningkatnya kualitas pelayanan dan performa PLN ke waktu mendatang," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani, Senin (23/12)

Rosan mengatakan bahwa Kadin Indonesia menyambut baik dan mendukung terpilihnya Zukifli Zaini sebagai Direktur Utama dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN. "Kami pelaku usaha akan terus membina hubungan dan kerja sama yang baik dengan PLN untuk mewujudkan sinergitas yang akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik," katanya.

Sebelumnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) tahun 2019 memutuskan untuk mengangkat dan menetapkan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama dan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama. Surat Keputusan diberikan oleh Wakil Menteri BUMN 1, Budi Gunadi Sadikin. Keputusan itu berlaku sejak 23 Desember 2019.

Zulkifli Zaini menyampaikan bahwa salah satu pesan yang diamanatkan yakni PLN harus mampu mengatasi pemadaman listrik dan tarif terjangkau. Berikutnya, lanjut dia, yakni mengupayakan neraca keuangan perusahaan lebih baik agar mampu melaksanakan mandat pemerintah. Selain itu, Zulkifli juga mengatakan PLN dituntut untuk memanfaatkan energi baru terbarukan. Lalu, menjalin kemitraan sehat, adil, dan ekosistem yang kondusif.

Dilansir dari Antara, sebelum ditetapkan menjadi Dirut PLN, Zulkifli menjabat Direktur Bank Mandiri untuk periode 2010-2013. Zulkifli mengawali karier sebagai bankir sejak 1983 di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), salah satu bank BUMN yang melebur menjadi Bank Mandiri.

Selepas menduduki jabatan puncak pada Bank Mandiri, ia juga sempat menjadi Komisaris Independen Bank Negara Indonesia (Persero) pada 2015-2016. Saat ini, Zulkifli masih tercatat sebagai Komisaris Independen PT Bank Permata Tbk sejak 2017 yang baru saja diakuisisi Bangkok Bank asal Thailand.

Peraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1980 itu bukanlah sosok baru di bidang kelistrikan. Tercatat, Zulkifli sempat menjadi Komisaris PT PLN (Persero) (Juli 2013-April 2015).  (

#kadin   #pln