PKS Minta PLN Tidak Naikkan Tarif Listrik

Danial
PKS Minta PLN Tidak Naikkan Tarif Listrik

Jakarta, HanTer - Anggota komisi VII DPR RI Fraksi PKS Saadiah Ulluputy minta agar Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak menaikkan tarif dasar listrik bagi pelanggan, khususnya masyarakat.

“Kondisi rasio elektrifikasi kelistrikan saat ini mengalami kenaikan secara signifikan, namun tidak diimbangi dengan ketahanan listrik,” kata Saadiah dalam Focus Group Discussion yang digelar oleh Fraksi PKS di Komplek Parlemen DPR/MPR RI, Selasa (10/12/2019).

Dari beberapa negara yang ada, lanjut Saadiah, tarif listrik di Indonesia tergolong mahal dibandingkan dengan sejumlah negara yang ada di dunia. "Yang menjadi catatan saat ini, beberapa negara memiliki harga tarif listrik yang lebih murah apabila disandingkan dengan Indonesia," tambahnya.

Pada Januari 2020, menurut Saadiah tarif diperkirakan akan mengalami penyesuaian, apakah naik ataukah turun tergantung beberapa harga komoditas di dunia.

Kondisi perekonomian global justru mendukung pemerintah untuk menurunkan tarif listrik, dimana faktor-faktor pembentuk harga keekonomian listrik mengalami penurunan, seperti harga minyak bumi Indonesia (ICP), nilai tukar kurs rupiah dan tingkat inflasi.

Listrik Gratis 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendorong pemberlakuan tarif listrik gratis untuk masyarakat tidak mampu dengan maksimal kapasitas 30 kwh.

"Di Afrika itu kalau masyarakat kurang mampu diberi akses listrik gratis dengan kapasitas untuk di bawah 30 kwh," kata Ketua Pengurus Harian YLKI  Tulus Abadi dalam diskusi terkait listrik di DPR, Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan kapasitas tersebut cukup jika hanya untuk penerangan dan menyalakan televisi bagi satu keluarga. YLKI mendorong unsur partai untuk turut mendorong wacana tersebut agar bisa terwujud.

Menurut Tulus, jika hal tersebut diwujudkan maka bisa mendidik masyarakat untuk lebih hemat dalam menggunakan listrik. 

#PKS   #listrik   #pln