Tahun Depan, Harga Tiket KAI Menyesuaikan Waktu Pembelian

Arbi
Tahun Depan, Harga Tiket KAI Menyesuaikan Waktu Pembelian
ilustrasi. (Ist)

Jakarta, HanTer - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan memberlakukan tarif otomatis pada 2020 mendatang. Tarif ini secara khusus diperuntukkan bagi kereta api jarak jauh.

Direktur Keuangan PT KAI Didik Hartanto menjelaskan tarif otomatis tersebut, yakni harga tiket menyesuaikan waktu pembelian, artinya semakin dekat ke keberangkatan, maka tiket itu semakin mahal.

“Kita lagi kembangkan agar orang beli tiket dari 30 hari dengan 15 hari atau lima hari itu harganya beda,” kata Didik, di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Didik menuturkan meskipun semakin mahal semakin mendekat ke hari keberangkatan, harga tiket itu tidak sampai melampaui tarif batas atas (TBA). “Tapi ‘kan nanti ada mekanisme TBA dan TBB (tarif batas bawah),” ujarnya.

Dia mengatakan tiket dibuka 30 hari menjelang keberangkatan karena kecenderungan sebagian besar calon penumpang membeli sebulan sebelumnya bukan lagi 90 hari sebelumnya.

Didik menyebutkan besaran calon penumpang yang membeli tiket 90 hari sebelumnya hanya lima persen.

“Sekarang kita menjual tiket itu 30 hari sebelum keberangkatan, bukan lagi 90 hari karena kita kaji, orang yang beli tiket 90 hari sebelum itu gak ada lima persen, sehingga para penumpang maunya 30 hari sebelum. senengnya yang mendadak-mendadak begitu,” katanya, dilansir dari Antara.

Dia berharap pada masa angkutan Lebaran 2020, sistem tiket otomatis itu sudah berjalan dan berlaku di seluruh masa, baik itu musim sepi (low season) maupun musim ramai (peak season).

#KAI   #tiket   #tarif