Asli Gelar Ajang Penghargaan bagi Pengusaha Laundry Terbaik Indonesia dan Asia Tenggara

Safari
Asli Gelar Ajang Penghargaan bagi Pengusaha Laundry Terbaik Indonesia dan Asia Tenggara

Jakarta, HanTer - Asosiasi Laundry Indonesia (Asli) menggelar Indonesia Best Practices Laundry Awards (IBPLA) 2019 pada Kamis-Jumat (11-12/7/2019) kemarin di Jakarta International Expo, Kemayoran bertepatan dengan Expo Clean & Expo Laundry 2019.

Acara ini merupakan bentuk apresiasi untuk para pengusaha laundry guna memajukan dan meningkatkan level pengusaha kecil dan menengah agar terus tumbuh sehingga membuka lapangan pekerjaan baru dan membangkitkan perekonomian bangsa Indonesia.

Ketua Umum sekaligus Ketua Panitia, Apik Primadya mengatakan, selain IBPLA untuk kategori nasional, tahun ini begitu spesial karena penghargaan tertinggi usaha laundryse-Asia Tenggara, Southeast Asia Best Practices Awards (SEA-BPA 2019), juga digelar.

Kegiatan ini diikuti oleh 72 peserta dari seluruh daerah di Indonesia dan kawasan negara Asia Tenggara, yang kemudian disaring menjadi 50 besar. Di seleksi akhir, 10 nominator IBLA yang ditetapkan selanjutnya melakukan presentasi di depan dewan juri pada 11 Juli dan 9 nominator dari kategori SEA-BPA pada 12 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Ajang ini merupakan bagian dari perhelatan penghargaan internasional, Global Best Practices Awards (GBPA) 2020 yang diselenggarakan oleh International Committee of Textile Care (CINET) di Frankfurt, Jerman, Juni 2020 mendatang. CINET adalah payung dari asosiasi maupun perhimpunan organisasi laundry sedunia, yang memiliki anggota dari ratusan negara dan Indonesia.

Penjurian kepada para finalis dilakukan dengan mengunjungi workshop dan outlet peserta. Melakukan verifikasi dan validasi melalui wawancara dan memasukkan parameter form survey yang diberikan CINET. Dengan tim juri dari panitia disebar untuk mengunjungi mereka yang berasal dari Padang, Jakarta, Banten, Bogor, Cirebon, Samarinda, Banjarmasin hingga Papua.

Dewan Juri terdiri dari Peter Wennekes (Presiden & CEO CINET), Maria Eva (Sekjen Asli), Herry Basuki (praktisi laundry dari HIPLI), Zhu Lijun (China Laundry Association & perwakilan CINET Asia), dan Elvirina (Kemenkop-UKM).

Pemenang pertama mendapatkan tiket PP ke Frankfurt, Jerman termasuk akomodasi selama dua hari dan uang saku senilai Rp10 juta. Sementara juara II mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp5 juta dan juara III mendapatkan uang tunai Rp3 juta.

Daftar Indonesia Best Practices Laundry Awards 2019:
Juara I: Netto Laundromat (Jakarta)
Juara II: Istana Laundry (Samarinda, Kalimantan Timur)
Juara III: Setrika Areng Laundry (Bogor, Jawa Barat)

Kategori sustainability: Istana Laundry (Samarinda Kalimantan Timur)

Kategori innovation: Kumala Laundry (Banjarmasin, Kalimantan Barat)

Kategori CSR: JM Laundry (Padang, Sumatera Barat)

Southeast Asia Best Practices Awards 2019:
Juara I: Jeeves (Indonesia)
Juara II: Vivaglo (Indonesia)
Juara III: Drop & Wash (Malaysia)
Kategori sustainability: Vivaglo (Indonesia)
Kategori innovation: Box24 (Thailand).

#Laundry   #umkm   #usaha