Tol Laut Belum Efektif Turunkan Harga Barang

Ant/Arbi
Tol Laut Belum Efektif Turunkan Harga Barang
ilustrasi. (Ist)

Jakarta, HanTer - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Andry Satrio Nugroho menilai pembangunan berbagai infrastruktur era Jokowi-Jusuf Kalla belum terkoneksi antarindustri dari satu kawasan ke kawasan lain secara maksimal.

"Artinya infrastruktur yang dibangun saat ini masih bertujuan perpindahan mobilitas orang bukan barang," kata Andry Satrio di Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

Menurut dia, hal itu menjadi salah satu persoalan atau pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Pembangunan infrastruktur seharusnya bisa menurunkan harga komoditas atau barang.

Sebagai contoh, kata dia, tol laut masih belum begitu efektif menjawab tantangan ekonomi saat kini. Namun, pembangunan infrastruktur jalan sudah dinilai efektif.

Apalagi, Indonesia merupakan negara maritim yang seharusnya keberadaan tol laut bisa menjawab tantangan ekonomi seperti menekan harga komoditas di Indonesia bagian timur dan barat.

"Tujuan tol laut itu jelas agar perbedaan selisih harga komoditas atau barang di Indonesia tidak terlalu jauh," ujarnya.

#Tol   #laut   #indef