Sosialisasi Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan

Pedagang Juga Berhak Miliki Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Arbi
Pedagang Juga Berhak Miliki Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Jakarta, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek menggelar sosialisasi dan edukasi tentang manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan kepada para pedagang di daerah Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2019).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Kecamatan Tebet ini di hadiri puluhan pedagang. Para Pedagang tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek, Agoes Masrawi mengatakan, edukasi yang dilakukan berupa pengenalan program jaminan sosial tenaga kerja kepada para pedagang.

“Sosialisasi ini bertujuan agar pelaku usaha dan pekerja di daerah Tebet sadar risiko sosial sehingga tumbuh kesadaran pentingnya program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Agoes Masrawi yang memimpin langsung kegiatan sosialisasi tersebut.

Kegiatan ini, sambung Agoes, sekaligus bertujuan untuk mengajak para pedagang agar ikut dalam program jaminan sosial. "Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hak seluruh pekerja, termasuk para pedagang," kata Agoes.

Agoes menerangkan, BPJS Ketenagakerjaan selalu berkomitmen untuk dapat melindungi seluruh pekerja dari risiko sosial, baik itu kecelakaan kerja atau kematian yang tentu akan mengakibatkan hilangnya mata pencaharian.

Terdapat empat program perlindungan yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan termasuk manfaat yang diterima pekerja atau peserta yang telah mendaftarkan diri. Empat program itu, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Para pedagang yang keseharian aktifitasnya dipasar tidak lepas dari risiko kerja. BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk para pedagang memberikan perlindungan dari risiko kerja tersebut. Program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat baik untuk perlindungan bagi para pedagang sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan terlindungi dari risiko sosial yang bisa saja terjadi," katanya.

Selain sosialisasi tentang manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan, pada kegiatan ini juga diberikan materi strategi mengembangkan dan memperluas usaha kepada peserta yang hadir.