Pengamat: Investor Masih Wait and See

Ant
Pengamat: Investor Masih Wait and See
Ilustrasi. (Ist)

Jakarta, HanTer - Investor dinilai masih akan menunjukkan sikap "wait and see" atau menunggu hingga pengumuman kabinet baru untuk mulai merealisasikan investasi.

Menurut pengamat ekonomi Fithra Faisal Hastiadi, hal itu dilakukan lantaran investor masih menunggu keputusan sektoral menteri-menteri di kabinet baru nantinya.

"Sikap 'wait and see' investor mungkin akan sampai pengumuman kabinet baru karena menunggu keputusan sektoral menteri-menterinya," katanya, dilansir dari Antara, Rabu (17/4/2019).

Kendati demikian, Fithra menyebut dengan hasil hitung cepat yang saat ini beredar, di mana petahana Presiden Jokowi dinyatakan unggul, investor sudah mendapat kepastian pemenang Pilpres.

Hal itu disebutnya telah membuat investor bisa memprediksi kebijakan petahana dan melakukan penyesuaian.

"Yang jelas mereka sudah dapat kepastian siapa pemenangnya. Mereka sudah tahu bagaimana kebijakannya dan tentu mereka sudah bisa menyesuaikan. Hanya mungkin sepertinya masih akan menunggu nama-nama menteri, setidaknya sampai nanti dilantik," katanya.

Fithra menjelaskan sikap "wait and see" investor sejatinya dilakukan dalam beberapa tahun terakhir bukan hanya karena menunggu pemenang Pilpres. Ia menyebut sikap itu dilakukan lantaran masih ada kebijakan pemerintah yang terkesan tidak konsisten.

"Ada kebijakan dengan inkonsistensi yang cukup besar. Faktor itu juga yang membuat mereka semakin menunggu," tuturnya.