Transformasi Bank Yudha Bhakti di Era Digitalisasi Perbankan

Danial
Transformasi Bank Yudha Bhakti di Era Digitalisasi Perbankan
Ilustrasi Bank Yudha Bhakti

Jakarta, HanTer - Sebagai Bank Konvensional yang berdiri sejak tahun 1988, Bank Yudha Bhakti (BYB) selalu berupaya memenuhi kebutuhan nasabah dalam melakukan kegiatan-kegiatan perbankan yang mengikuti trend perkembangan jaman. 

"Dalam usia yang ke 29 tahun ini BYB menegaskan posisinya sebagai salah satu Bank Modern dengan meningkatkan pelayanan Digital Banking dan Financial Technologynya melalui kerjasama dengan beberapa pihak yang memiliki kompetensi tinggi baik secara Jaringan maupun teknologi," ujar Kepala Divisi Corporate Secretary PT Bank Yudha Bhakti, Andriyana Muchyana kepada wartawan di Gedung GOZCO Jl. Raya Pasar Minggu Kav 32 Pancoran Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019).

Dijelaskannya, target pelayanan prima khususnya yang menyangkut digitalisasi perbankan Bank Yudha Bhakti (BYB) menarik perhatian banyak pihak, karena strategi program yang dimiliki focus pada perkuatan infrastruktur hingga SDM yang berujung pada kepuasan nasabahnya. 

Selain itu, manajemen baru yang memimpin BYB saat ini memiliki komitmen tinggi akan perkembankan teknologi dan perbaikan corporate culture yang dinilai berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.

Sebelumnya, Direktur Utama BYB, Denny Novisar Mahmuradi  mengungkapkan, diantara langkah konkret yang dilakukan jajarannya adalah merealisasikan kerjasama teknologi dengan PT Telkom. 

"Bukan tanpa alasan kerjasama ini dilakukan, BYB menurut Denny menilai PT Telkom saat ini masih yang terdepan dalam bidang teknologi komunikasi khususnya yang menyasar bidang perbankan," ujarnya di Jakarta, (8/3/2019).

Dengan kerjasama ini, Denny berharap peningkatan layanan digital banking BYB akan semakin cepat dan mencapai area pelayanan yang lebih luas. Apalagi produk yang akan diluncurkan dari hasil kerjasama dengan Telkom ini akan memberikan jaminan kepraktisan, kenyamanan dan keamanan transaksi nasabah BYB.

"Strategi peningkatan layanan nasabah dengan konsentrasi pada digitalisasi layanan perbankan ini membuahkan hasil, termasuk menarik perhatian salah satu lembaga keuangan terkemuka internasional yang memiliki basis operasi di asia," paparnya.

Denny menambahkan, ketertarikan lembaga keuangan internasional tersebut akan direalisasikan dalam bentuk pencairan dana segar yang akan digunakan untuk perkuatan rencana kerja BYB untuk secepatnya mewujudkan transformasi perusahaan di era digitalisasi perbankan. Nama lembaga keuangan internasional ini sendiri akan diumumkan beberapa waktu kedepan sesuai aturan otoritas jasa keuangan.  

Tidak hanya itu, mengenai berbagai masalah yang pernah muncul beberapa waktu lalu dan turut mempengaruhi kinerja BYB, Denny menegaskan gerak cepat dan tepat yang dilakukannya bersama dengan seluruh jajaran BYB membuahkan hasil mulai dari perbaikan pengawasan internal hingga peningkatan kinerja perusahaan. 

Transformasi inilah yang menumbuhkan kepercayaan investor dan rekan bisnis lainya sehingga BYB memiliki modal besar untuk merealisasikan target-target perusahaan. Bila kerjasama dengan PT Telkom akan mendorong percepatan penguasaan teknologi perbankan di BYB maka kucuran dana segar dari investor nanti akan digunakan untuk perkuatan infrsrtuktur dan modal kerja. 

Sementara itu ASABRI dan GOZCO Capital selaku pemegang saham di BYB menegaskan, kucuran dana segar pada Bank Yudha Bhakti ini dapat memberi nasabah dan masyarakat luas tentang gambaran kinerja positif BYB yang signifikan serta masa depan yang lebih baik khususnya dari sisi keamanan dan kenyamanan serta kemudahan layanan digital perbankan yang terbaharui. Mereka berharap Manajemen Baru dibawah Komando Direktur Utama Denny Novisar Mahmuradi bisa segera menggenjot kinerja perusahaan.

Bank Yudha Bakti saat ini memfokuskan kegiatan usahanya kepada pelayanan nasabah yang memberi peluang pertumbuhan jangka panjang berkelanjutan, dengan menekankan kerjasama dalam ragam aplikasi layanan perbankan yang bertujuan untuk kemudahan, keamanan dan kecepatan transaksi perbankan untuk nasabah.