Kemenkominfo Gandeng 18 Mitra Gelar IMCD 2023

- Selasa, 31 Januari 2023 | 20:20 WIB
Kick Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023.
Kick Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023.

HARIANTERBIT.com  - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Kick Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023, di Depok, Jawa Barat, pada Jumat, 27 Januari 2023.

“IMCD 2023 adalah program literasi digital yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman,” kata Direktur Pemberdayaan Informatika Bonifasius Wahyu Pudjianto, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/1/2023).

Pada program ini, Kemenkominfo berkolaborasi bersama 18 mitra menyelenggarakan kegiatan literasi digital untuk segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat di wilayah Indonesia. IMCD 2023 menargetkan 5,5 juta masyarakat mendapatkan literasi di bidang digital.

Baca Juga: Kuasa Hukum sebut Jaksa tak sungguh sungguh Tuntut Ricky Rizal

Bonifasius menyampaikan kepada para penyelenggara bahwa peserta di tahun 2023 merupakan masyarakat yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital pada tahun-tahun sebelumnya.

“Di tahun 2023 ini, terdapat perbedaan dengan kegiatan di tahun sebelumnya karena target audience yang dituju lebih unik,“ pungkasnya.

Selanjutnya, Slamet Santoso selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dalam sambutannya menghimbau agar para mitra penyelenggara menjalankan kegiatan dengan penuh tanggung jawab, mempertimbangkan bahwa tahun 2023 adalah tahun politik.

“Kita harus pastikan bahwa kegiatan yang kita selenggarakan murni untuk edukasi literasi digital, bukan menggalang masyarakat untuk politik. Kami harap kegiatan ini tidak digunakan untuk tujuan politik,” jelasnya.

Slamet juga mengingatkan kepada para mitra penyelenggara IMCD 2023, terutama yang menangani penyelenggaraan di wilayah rawan pemilu berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Kemenkominfo agar penyelenggaraan kegiatan berjalan dengan baik.

Baca Juga: DPR Ungkap BRIN Harus Diaudit, Anggaran Rp700 Miliar Kemana?

Sementara itu, Rizki Ameliah selaku Koordinator Program literasi digital Segmen Kelompok Masyarakat. Rizki menjelaskan mengenai target yang dituju oleh kegiatan IMCD 2023 seperti segmen Pendidikan dan Kelompok Masyarakat.

“Target peserta segmen Pendidikan adalah SD/sederajat, SMP, SMA dan Pesantren. Tidak ada lagi target Guru. Untuk segmen Kelompok Masyarakat harus diberikan dulu ke Kominfo agar diverifikasi agar tidak terjadi kegiatan yang berulang di lokasi yang sama,” tegasnya.

Lebih lanjut dari itu, Rizki menjelaskan juga mengenai hal-hal yang wajib dilakukan dan tidak boleh dilakukan hingga timeline kegiatan.

Kick off untuk mitra penyelenggara IMCD 2023 dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Event Management System (EMS) literasi digital yang merupakan sistem informasi pengelolaan kegiatan dan sebagai media partisipasi masyarakat dalam literasi digital.

 

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Masuki Era Digital, Pelaku UMKM Harus Adaptasi

Kamis, 30 Maret 2023 | 15:05 WIB

Peringati HUT ke-50, ASDP Luncurkan Logo Baru

Selasa, 28 Maret 2023 | 14:48 WIB

Bekali Skil Hadapi Tren Pekerjaan di Dunia Digital

Senin, 27 Maret 2023 | 22:43 WIB
X