Sri Mulyani Dorong Perbankan Mudahkan Penyaluran KUR

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:04 WIB
Ilustrasi KUR
Ilustrasi KUR

 

HARIANTERBIT.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mendorong sektor perbankan untuk menyalurkan kredit usaha kepada UMKM serta memberikan berbagai instrumen keuangan termasuk subsidi suku bunga bagi kredit usaha rakyat (KUR).

“Ini menggambarkan bahwa pemerintah bersungguh-sungguh agar sektor usaha terutama mikro, kecil dan menengah memiliki akses pendanaan, investasi, dan terutama juga pada tingkat interest rate yang affordable,” ujar Menkeu pada Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonessia tahun 2022, di Jakarta, kemarin.

Selain itu dikatakan Menkeu, pemerintah juga akan memberikan dukungan melalui transfer ke daerah agar pemerintah daerah juga dapat melakukan upaya untuk membangun dan membina UMKM di daerahnya.

Baca Juga: Gempa Garut M6,4 Getaran Dirasakan hingga Cikarang sampai Jawa Tengah

“Pembangunan sentra industri kecil menengah, revitalisasi sentra industri kecil menengah, membangun 13 pusat pelayanan terpadu UMKM dan dana penguatan kapasitas, serta peningkatan koperasi dan UMKM. Ini adalah desain dari APBN membantu dari sisi akses kapitalnya, pemasarannya, termasuk kredit,” ujarnya.

Sri Mulyani juga berharap, agar para pengusaha di bawah naungan Kadin dapat bersama-sama dengan pemerintah mengelola dan mengawal momentum pemulihan ekonomi Indonesia, termasuk transformasi ekonomi dibidang energi atau Energy Transition Mechanism (ETM) dan di bidang hilirisasi. 

“Di bidang hilirisasi kita melakukan berbagai kebijakan perpajakan dan insentif dari mulai tax holiday, tax allowance, super deduction yang juga diberikan supaya industri hilirisasi bisa kompetitif dan berkembang di Indonesia,” terang Menkeu.

Baca Juga: Temuan Mayat Bayi di Kali Krukut, Polisi Bakal Sisir Fasilitas Kesehatan Cari Identitas Pelaku

 

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Prospek Ekonomi RI Membaik Topang Penguatan Rupiah

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:21 WIB

Bank DKI Salurkan KUR Rp1,15 Triliun Sepanjang 2022

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:54 WIB
X