KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO, Ada Jejak Erick Thohir dan Boy Thohir?

- Jumat, 2 Desember 2022 | 15:59 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Komisaris Utama PT GoTo yakni Garibaldi ‘Boy’ Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir dan Komisaris Utama PT GoTo yakni Garibaldi ‘Boy’ Thohir

HARIANTERBIT.com - Investasi yang dilakukan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) ke PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali menjadi sorotan. Pasalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku mengawasi langkah investasi yang dilakukan perusahaan plat merah.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengatakan bahwa proses pemantauan atau monitoring ini bertujuan untuk pencegahan korupsi terkait proses investasi ini. Jika ditemukan adanya dugaan perbuatan pidana dalam investasi senilai triliunan itu, maka akan langsung dilakukan gelar perkara.

"Ya kalau monitoring itu punya tugas untuk pencegahan kedepan, untuk dia ditelisik ada pidananya langsung deputi pencegahan minta ke pimpinan, ekspose, kami (Kedeputian penindakan) dihadirkan. Jadi potong prosedur harusnya misalnya lapor dari PLPN, ini langsung dari pencegahan," kata Karyoto, Selasa, 29 November 2022.

Baca Juga: Survei Indikator Politik November 2022: Tren Suara Ganjar Turun, Elektabilitas Airlangga Paling Rendah 0,9%

Karyoto menuturkan bahwa Direktorat Monitoring KPK sudah melakukan pemantauan terhadap proses investasi dari perusahaan telekomunikasi, kepada raksasa aplikasi itu.

Menurutnya proses monitoring tidak dilakukan secara mendadak. KPK, dalam kasus ini, hanya proaktif kalau melihat hal yang sedang muncul pemberitaan di masyarakat.

"Karena pencegahan dari monitoring itulah punya daya cari terhadap tindak pidana tindak pidana yang terjadi di masyarakat."

Nama Erick Thohir dan Boy Thohir

Sebelumnya, Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR kembali menggelar rapat Panja Investasi PT Telkomsel ke GoTo, pada, Kamis,(25/8/2022) pagi. Rapat ini digelar menggundang jajaran dari Kementerian BUMN.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Studio Strategis untuk Para Pekerja Kreatif

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:32 WIB

Prospek Ekonomi RI Membaik Topang Penguatan Rupiah

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:21 WIB

Bank DKI Salurkan KUR Rp1,15 Triliun Sepanjang 2022

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:54 WIB
X