BPJamsostek Cilincing Bayarkan Klaim JKK Rp3,8 Miliar di Periode November 2022

- Rabu, 30 November 2022 | 19:25 WIB

HARIANTERBIT.com - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Jakarta Cilincing telah menyalurkan Rp3,8 miliar kliam Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kepada 310 tenaga kerja pada periode November 2022.  

”BPJS Ketenagkaerjaan Cabang Jakarta Cilincing per November ini sudah membayar lebih dari Rp3,8 miliar untuk kejadian kecelakaan kerjanya saja, itu diobati hingga sembuh tenaga kerjanya,” ungkap Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cilincing, Haryani Rotua Melasari dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Ani, sapaan akrab Haryani, mengungkapkan, bahwa tingginya angka kejadian kecelakaan kerja menunjukan bahwa pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja.

Baca Juga: Hasil Survei Charta Politika: Mayoritas Publik Inginkan Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet 

Menurut Ani, dengan adanya jaminan sosial ketenagakerajaan, segara risiko pekerjaan seperti kasus kecelakaan akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan, mulai dari pengobatan, perawatan, rehabilitasi hingga pulih dan bisa kembali bekerja.

Tanggungan berlaku sejak pekerja dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Bagi pekerja formal, iuran JKK akan dibayarkan oleh pemberi kerja tergantung besaran upah yang dilaporkan. Besaran iuran ini dan tingkat risiko pekerjaan akan dievaluasi paling lama dua tahun sekali, mulai dari tingkat risiko sangat rendah, tingkat risiko rendah, tingkat risiko sedang, tingkat risiko tinggi, hingga tingkat risiko sangat tinggi.

“Persentase iurannya mulai dari  0,24 % dari upah sebulan sampai  1,74 % dari upah sebulan,” jelas Ani.

Sementara itu, syarat klaim JKK BPJS Ketenagakerjaan sendiri cukup mudah, diantaranya :

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prospek Ekonomi RI Membaik Topang Penguatan Rupiah

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:21 WIB

Bank DKI Salurkan KUR Rp1,15 Triliun Sepanjang 2022

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:54 WIB
X