BPJAMSOSTEK Ajak Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas

- Selasa, 29 November 2022 | 22:09 WIB
BPJamsostek Cabang Jakarta Cilandak dalam sosialisasi Program Inclusive Job Center kepada penyandang disabilitas dan perusahaan, di Jakarta.
BPJamsostek Cabang Jakarta Cilandak dalam sosialisasi Program Inclusive Job Center kepada penyandang disabilitas dan perusahaan, di Jakarta.

HARIANTERBIT.com - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) membuka peluang bekerja untuk para penyandang disabilitas. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kesempatan dan kesetaraan bagi tenaga kerja inklusif, melalui Program Inclusive Job Center.

Kepala Kantor Cabang Jakarta Cilandak, Puspitaningsih menyampaikan program tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan Pemerintah Jerman yang diwakili oleh GIZ ( deutse gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit).

“Tujuan utama dari pusat ketenagakerjaan inklusif adalah BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi jembatan penghubung antara penyedia lapangan kerja, yaitu perusahaan, khususnya peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan tenaga kerja penyandang disabilitas  dan menjadi role model dalam mempekerjakan tenaga kerja disabilitas,” ucap Puspitaningsih, dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Boy Rafli Dorong Santri Lirboyo Kediri Miliki Komitmen Cinta Tanah Air

Wetty sapaan akrab Puspitaningsih mengatakan, UU No 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas, mengatur kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas.

Dalam regulasi itu diatur bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit dua persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja, perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit satu persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Selaras dengan hal tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Cilandak terus melakukan sosialisasi dan kampanye persuasif kepada perusahaan untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja disabilitas di perusahaan tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Cilandak menjadi satu dari enam kantor cabang BPJAMSOSTEK yang menggelar program tersebut.

Baca Juga: Ratusan Atlet Pra-Popnas Zona I Terlindungi Program BPJamsostek

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prospek Ekonomi RI Membaik Topang Penguatan Rupiah

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:21 WIB

Bank DKI Salurkan KUR Rp1,15 Triliun Sepanjang 2022

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:54 WIB
X