Tatap 2023, KPI Siapkan 13 Inisiatif ESG

- Selasa, 29 November 2022 | 14:15 WIB
Narasumber dan peserta webiner (ist)
Narasumber dan peserta webiner (ist)

HARIANTERBIT.com – Sejauh ini melalui penerapan Economic, Social & Governance (ESG), KPI berkomitmen untuk menjalankan usaha dengan memberikan perhatian terhadap keberlanjutan lingkungan.

Adalah PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sebagai Subholding Refining & Petrochemical Pertamina memiliki misi menjadi perusahaan kilang dan petrokimia kelas dunia sebagai environmentally friendly company, societal responsible company dan good governance company.

Baca Juga: Survei SMRC November 2022: Elektabilitas Airlangga Hartato 1,2 Persen

Saat ini KPI menyiapkan 13 inisiatif ESG untuk diimplementasikan pada 2023. Inisiatif ESG yang disiapkan KPI antara lain sistemisasi program keanekaragaman hayati, Beyond Proper (waste and water), revitalisasi proses safety management hingga ESG Financing.

KPI sudah membuat grand plan proses bisnis hingga 2060 yang terkait emisi nol atau Net Zero Emmission (NZE). Ini akan tercermin dalam inisiatif program ESG yang kami terapkan,” kata Vice President Health Safety Security Environment (HSSE) KPI, Ganda Putra Simatupang, saat webinar, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Eks Kasat Reskrim Jaksel ke Ferdy Sambo: Kenapa Kami Harus Dikorbankan?

Dikatakan Ganda, investor selalu mempertanyakan kinerja perusahaan terkait health and safety. Untuk itu, KPI sudah melakukan perbaikan signifikan dan cukup drastis.

“Terkait major accident, yang menjadi momok besar ada di kilang karena itu jadi fokus dalam ESG. Sementara terkait recruting masing-masing ada KPI-nya,” ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan Praktisi ESG dan Dewan Pengurus Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICRP), Jalal, bahwa puncak dari implementasi ESG adalah pembiayaan. Jika tidak dapat keputusan pembiayaan, tentu tidak dapat keuntungan, tentunya bukan ESG.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prospek Ekonomi RI Membaik Topang Penguatan Rupiah

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:21 WIB

Bank DKI Salurkan KUR Rp1,15 Triliun Sepanjang 2022

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:54 WIB
X