BPJAMSOSTEK Beri Perlindungan 150 Buruh Batu Bata Lewat CSR Levis Indonesia

- Minggu, 27 November 2022 | 22:18 WIB
Penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada buruh batu bata merah di Bogor, Jawa Barat.
Penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada buruh batu bata merah di Bogor, Jawa Barat.

HARIANTERBIT.com - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Cilandak menjalin kerja sama dengan perusahaan swasta untuk melindungi pekerja rentan dari resiko sosial dan ekonomi yang mereka hadapi selama bekerja, seperti kecelakaan kerja dan kematian.

PT Levis Indonesia  berpartisipasi dan menyalurkan program corporate social responsibility (CSR), dengan cara membayar iuran kepada 150 pekerja rentan pembuat batu bata merah di Kp. Ater, Desa Gorowong, Parung Panjang, Kab Bogor untuk terlindungi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan.

Sebanyak 150 pekerja rentan tersebut telah dibayarkan iurannya untuk Oktober 2022 hingga September 2023.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (27/11/2022), Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilandak, Puspitaningsih menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi dan kepedulian dari PT Levis Indonesia dalam memberikan perlindungan kepada pekerja rentan lewat program CSR-nya.

Baca Juga: Neymar Dipastikan Absen dalam Dua Laga Tersisa Fase Group G Piala Dunia 2022

Wetty, sapaan akrab Puspitaningsih mengungkapkan saat ini masih sangat banyak pekerja rentan di Wilayah DKI Jakarta, namun baru sedikit yang tercover perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sejumlah langkah mesti dilakukan untuk memperluas cakupan kepesertaan demi melindungi para pekerja informal tersebut.

Pekerja rentan yang dimaksud seperti buruh bangunan, tukang ojek, pekerja rumah tangga, marbot, tukang parkir, petani, nelayan dan lain sebagainya. Pekerja kategori ini termasuk pekerja informal yang memiliki risiko dalam bekerja namun tidak memiliki kemampuan secara finansial untuk memperoleh perlindungan jaminan sosial.

Wetty, mengatakan dengan iuran Rp16.800 tiap bulan per tenaga kerja, maka pekerja rentan akan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Yaitu mulai dari perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis, hingga sembuh bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja.

Selanjutnya apabila dalam masa pemulihan, peserta tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, BPJamsostek juga akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen upah, yang dilaporkan selama 12 bulan pertama dan 50 persen untuk bulan selanjutnya hingga sembuh.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Prospek Ekonomi RI Membaik Topang Penguatan Rupiah

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:21 WIB

Bank DKI Salurkan KUR Rp1,15 Triliun Sepanjang 2022

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:54 WIB
X