• Jumat, 9 Desember 2022

Menko Airlangga Soroti Penurunan Produksi Migas Nasional

- Kamis, 24 November 2022 | 22:15 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

HARIANTERBIT.com – Kinerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendapat sorotan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Hal itu lantaran produksi minyak dan gas dalam negeri yang terus mengalami penurunan sehingga berpotensi terjadinya defisit perdagangan sektor migas yang kian tajam.

Menurut Airlangga, diperlukan terobosan guna mendongkrak produksi migas nasional ditengah tantangan ekonomi global yang melambat.

Baca Juga: Erling Haaland Jalin Asmara dengan Pesepak Bola Cantik Isabel Haugseng

“Sekarang ini ekspor Indonesia neracanya positif, namun neraca perdagangan migas secara bulanan negatif,” ungkap Menko Airlangga secara virtual dalam acara 3rd International Convention on Indonesian Upstream Oil & Gas 2022, Kamis (24/11/2022).

Airlangga mengingatkan untuk mencapai target produksi minyak 1 juta BOPD (Barrel Oil Per Day) dan gas bumi 12 BSCFD (Billion Standard Cubic Feet Per Day) pada 2030,  dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah hingga badan usaha swasta dan negara serta para kontraktor.

Baca Juga: Hutan Negara Hilang 8 Ribuan Ha, KPK Diminta Berantas Mafia Tanah di Kalsel

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menyinggung proyek pengembangan migas di ladang gas abadi Blok Masela, Maluku, yang mengalami pelambatan.

Untuk itu, ia pun meminta agar ditinjau kembali terkait efektivitas regulasi hingga mendorong percepatan revisi apabila regulasi dinilai belum efektif mendorong investasi.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X