• Jumat, 9 Desember 2022

Kebijakan ASO Disebut Bantu Percepatan Transformasi Digital

- Kamis, 24 November 2022 | 16:45 WIB
Ilustrasi Televisi
Ilustrasi Televisi

HARIANTERBIT.com - Perkembangan teknologi yang amat pesat membuat terjadinya sejumlah fenomena umum yang disebut 'Digitalisasi Penyiaran', yakni pertumbuhan teknologi baru, konsep-konsep baru, aplikasi-aplikasi baru, yang dahulu tidak pernah terpikirkan.

"Muncul platform penyiaran baru, seperti Netflix dan video, HBO," kata Anggota Komisi I DPR, Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/11/2022).

Dave menyampaikan hal tersebut dalam acara webinar yang bertajuk Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) yang diselengarakan Kementerian Kominfo dan Komisi I DPR RI, Selasa (23/11/2022).

Baca Juga: Evaluasi Kinerja Bulog Lamban Serap Beras Petani

Dalam kesempatan itu, Dave mendukung penuh upaya pemerintah dalam kebijakan ASO. Dia mengajak masyarakat untuk beralih dari televisi analog ke televisi digital karena dengan begitu masyarakat juga ikut membantu pemerintah. "(ASO) mempercepat transformasi digital," jelas Dave.

Sebagai informasi, Analog Switch Off salah satu kebijakan yang diambil pemerintah melalui Kementerian Kominfo untuk menghentikan secara bertahap siaran televisi analog yang ada saat ini dan menggantinya dengan siaran televisi digital (migrasi digital).

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengapresiasi seluruh pemilik dan pengelola stasiun siaran televisi yang telah mematikan siaran analog di berbagai wilayah siaran termasuk Jabodetabek selama dua hari terakhir sejak 2 November 2022.

Baca Juga: Hingga 22 November 2022 Modal Asing Kabur dari RI Rp89,5 Triliun

Direktur Pengelolaan Media Ditjen IKP Kemkominfo, Nursodik Gunardjo menyatakan migrasi sistem penyiaran televisi dari analog ke digital memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, lembaga penyiaran, maupun negara.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X