BPJAMSOSTEK Rawamangun Ajak Milenial Manfaatkan MLT KPR Subsidi

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 16:15 WIB
Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun.
Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun.
HARIANTERBIT.com - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Rawamangun mendorong peserta milenial untuk segera memiliki rumah. Caranya yaitu dengan memanfaatkan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi Bunga dari BPJAMSOTEK. 
 
”Banyak kan pekerja milenial yang baru berkeluarga atau yang masih jomblo,  sudah saatnya memikirkan masa depannya untuk mulai mencicil rumah,” kata Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Rawamangun, Aland Lucy Patitty, di Jakarta, Selasa,30 Agustus 2022.
 
Menurut Lucy, para pekerja yang sudah menjadi peserta BPJAMSOSTEK tidak ada salahnya memanfaatkan program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) KPR BPJAMSOSTEK. 
 
KPR MLT bisa diajukan oleh peserta program JHT BPJSMSOSTEK yang hendak membeli rumah tapak maupun rumah susun atau apartemen. 
 
 
Dengan manfaat MLT KPR yang dapat diterima oleh peserta BPJAMSOSTEK adalah tingkat Suku bunga KPR di program MLT sekitar 5 (Lima) persen dari Indonesia Repo Rate 7 (tujuh) hari (BI 7 Day) Reverse Repo Rate). 
 
Persyaratan umum untuk rumah tapak atau rumah susun antara lain harga maksimal rumah adalah Rp500 juta. ”Jika harga rumahnya di atas Rp500 juta, maka yang disubsidi adalah bunga di angka Rp500 juta. Sisa bunganya ditanggung sendiri. Itu kan sudah lumayan membantu,” kata Lucy. 
 
Menurut Lucy, jangka waktu KPR maksimal 30 tahun. Merupakan rumah tapak atau rumah susun pertama. Besaran biaya KPR yang disediakan kepada peserta sesuai dengan hasil analisa dan memenuhi ketentuan yang berlaku di bank penyalur. 
 
Syarat kepesertaan BPJAMSOSTEK selama minimal satu tahun. Perusahaan tempat peserta bekerja tertib administrasi kepesertaan dan iuran. ”Belum memiliki rumah sendiri dibuktikan dengan surat bermaterai,” kata Lucy.  
 
 
Peserta terdaftar minimal tiga program (JHT, JKK, JKM) dan aktif membayar iuran. Bukan perusahaan daftar sebagian (PDS) upah, tenaga kerja dan program. Telah mendapat persetujuan dari kantor cabang BPJAMSOSTEK terkait persyaratan kepesertaan yang dibuktikan dengan formulir persetujuan. 
 
Memenuhi persyaratan KPR dari bank penyalur. ”Jadi peserta yang memenuhi syarat tersebut segera ajukan langsung ke bank penyalur KPR misalnya di BTN. Nanti cukup bilang ke bank, mau mengajukan KPR skema MLT subsidi bunga BPJAMSOSTEK,” kata Lucy. 
 
Nanti pihak bank akan berkoordinasi dengan kantor cabang BPJAMSOSTEK untuk meminta rekomendasi subsidi bunga.
 
”Sejauh semuanya memenuhi syarat, kami pasti berikan rekomendasi fasilitas KPR subsidi ini. Untuk itu buruan ya, para peserta, terutama milenial untuk mengajukan KPR skema MLT ini. Sayang kalau tidak,” kata tegas Lucy.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Soroti Simpang Siur Data Beras Nasional

Sabtu, 4 Februari 2023 | 12:05 WIB

Ikadin Jakbar Dukung Peradi Pertahankan Wadah Tunggal

Sabtu, 4 Februari 2023 | 11:49 WIB

Kemenkominfo Gandeng 18 Mitra Gelar IMCD 2023

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:20 WIB

Petani Ngaku Terbantu Program Food Estate

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:48 WIB

Holding Ultra Mikro Diharapkan Dapat Perkuat UMKM

Senin, 30 Januari 2023 | 21:08 WIB

Bandara Soekarno Hatta Hadirkan Mall UMKM

Senin, 30 Januari 2023 | 13:38 WIB

Rupiah Menguat Senin Pagi, IHSG Juga Dibuka Menguat

Senin, 30 Januari 2023 | 09:33 WIB

Industri Didorong Terapkan Konsep Sustainability

Minggu, 29 Januari 2023 | 16:25 WIB

BI Catat Aliran Modal Asing Masuki RI Rp4,42 Triliun

Minggu, 29 Januari 2023 | 15:23 WIB
X