• Selasa, 4 Oktober 2022

RR: Ekonomi Rakyat Belum Membaik, Daya Beli Makin Lemah, Vietnam dan Filipina Lebih Baik dari RI

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:39 WIB
Ekonom senior Rizal Ramli
Ekonom senior Rizal Ramli

HARIANTERBIT.com - Indonesia punya banyak komoditi dan sumber daya alam tumbuh 5,5 persen di kuartal 2-2022. Tetapi negara-negara yang tidak memiliki sumber daya alam seperti RI, ekonomi mereka tumbuh lebih tinggi, seperti di Vietnam 7,7 persen, Filipina 7,4 persen. Kenapa?

Tokoh nasional yang juga ekonom senior, Doktor Rizal Ramli (RR) menunjukan bahwa negara-negara tersebut memiliki nilai tambah dan effisiensi yang lebih tinggi.

"Ekonomi rakyat banyak yang belum membaik, bahkan naiknya harga-harga sembako membuat daya beli rakyat bawah yang sudah lemah menjadi makin payah. Dewasa ini yang paling senang dan diuntungkan adalah kelompok oligarki," ujar RR di Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Ketum Golkar: Proklamasi Kemerdekaan RI Ajarkan Kita Kolaborasi, bukan Polarisasi

Pernyataan RR ini menanggapi Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi 16 Agustus 2022. Apa benar klaim-klaim keberhasilan Jokowi itu ?

Terkait dengan hal itu, dalam unggahan RR di akun Twitter miliknya, sebelumnnya, ia membahas mengenai jumlah utang Indonesia yang harus dibayar pemerintah.

Selain itu, RR juga berujar mengenai anggaran yang digunakan untuk subsidi yang bisa dinikmati rakyat. "Bayar cicilan pokok utang Rp 400 trilliun, dan cicilan bunga utang Rp 405 trilliun per tahun ndak ada yang mengeluh tuh," kata RR.

Baca Juga: Semarak HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Direksi BTN Berbaju Adat

Menurut RR, utang yang dibayarkan pemerintah lebih besar dibandingkan anggaran yang diperlukan dalam negeri.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Urutan 1 Negara Dengan Tingkat Inflasi Paling Tinggi

Rabu, 28 September 2022 | 23:10 WIB

Menunggu Koin yang Tepat, CAD Stop Minning Sementara

Selasa, 27 September 2022 | 21:16 WIB
X