• Rabu, 28 September 2022

MarketPlace Toko Bangunan Terdekat Membantu Perekonomian Indonesia

- Senin, 15 Agustus 2022 | 17:22 WIB
Pekerja berjalan di proyek pembangunan rumah subsidi di kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/2/2022). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Pekerja berjalan di proyek pembangunan rumah subsidi di kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/2/2022). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

HARIANTERBIT.com - Berkembangnya teknologi membuat proses transaksi jual beli kini lebih banyak dilakukan menggunakan sebuah aplikasi yang terinstal pada gadget dan didukung jaringan internet. Sehingga proses pembelian atau pemesanan hingga pembayaran dapat dilakukan melalui perangkat elektronik atau handphone saja.

Bila berbicara mengenai jual beli online tentunya kita tidak dapat lepas dari marketplace yang merupakan salah satu platform utama pada era e-commerce. Dengan berbagai fitur dan kemudahan dari segi penggunaannya serta efektivitas dalam mendapatkan barang atau jasa terbaik, tidak heran banyak orang yang lebih memilih belanja secara online.

Bahkan kini marketplace sendiri juga telah merambah ke dunia konstruksi yaitu dengan menjadi wadah bagi para toko bangunan dalam memasarkan produknya secara digital. Namun sebelum membahas tentang marketplace untuk toko bangunan terdekat, kita akan membahas tentang marketplace itu sendiri lebih dulu.

Baca Juga: Disorot, Lapas di Jambi Over Kapasitas Hingga 106 Persen

Marketplace sendiri merupakan sebuah platform yang berfungsi untuk menjadi perantara antara penjual dan pembeli dalam melakukan proses transaksi produk secara online. Di dalam marketplace umumnya menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran yang beragam, estimasi waktu pengiriman, kemudahan mencari produk, dll.

Jenis-jenis Marketplace

Secara umum, marketplace sendiri dapat dibagi menjadi 2 kategori yang didasarkan pada fungsinya yaitu :

1. Marketplace murni

Jenis marketplace ini memiliki peran penting sebagai fasilitator antara penjual dan pembeli. Umumnya disini penjual bebas melakukan berbagai transaksi produk, pengelolaan pembayaran, menampilkan informasi produknya, dan sebagainya.

Sehingga penjual bisa mengelola berbagai aktivitasnya dengan lebih fleksibel asalkan masih dalam koridor peraturan platform yang berlaku.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Urutan 1 Negara Dengan Tingkat Inflansi Paling Tinggi

Rabu, 28 September 2022 | 23:10 WIB

Menunggu Koin yang Tepat, CAD Stop Minning Sementara

Selasa, 27 September 2022 | 21:16 WIB

Cek Data BSU, BPJamsostek Imbau Pekerja Akses Kanal Resmi

Selasa, 20 September 2022 | 20:22 WIB

Kata OJK soal Persoalan PT. Titan dan Bank Mandiri

Senin, 19 September 2022 | 17:16 WIB
X