• Senin, 8 Agustus 2022

Ekonomi Tumbuh 5,44 Persen, Sri Mulyani Sebut Perekonomian Indonesia dalam Kondisi Baik

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 17:18 WIB
Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

HARIANTERBIT.com - Ekonomi nasional pada kuartal II-2022 yang tumbuh 5,44 persen (yoy). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi itu menempatkan Indonesia di posisi yang baik di tengah banyak negara sedang mengalami tekanan.

“Kalau kita lihat hari ini Indonesia relatively in a good position kita bisa mendapatkan growth 5,44 persen dengan inflasi relatif stabil,” katanya dalam acara Soft Launching Buku: Keeping Indonesia Safe from COVID-19 di Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Bendahara Negara itu menuturkan Indonesia dalam posisi yang baik dengan artian memiliki demand dan supply yang tetap terjaga dan inflasi yang tertahan berkat pemberian subsidi oleh pemerintah.

Baca Juga: Anggota Komisi III DPR Desak Kadiv Propam Polri Usut Pelanggaran Etik Para Oknum Polisi di Kasus Brigadir J

Angka pertumbuhan ekonomi tersebut merupakan pencapaian yang positif mengingat inflasi di negara lain sudah sangat tinggi sedangkan pemulihan dari sisi suplai belum terlalu besar sehingga pertumbuhannya tidak terlalu tinggi.

Negara lain tertekan karena kebijakan fiskal dan moneter oleh bank sentral baik Amerika Serikat maupun Eropa sangat ekspansif hingga membuat pemulihan demand sangat besar namun suplai tertinggal yang pada akhirnya menyebabkan inflasi.

Baca Juga: Menko Airlangga Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Masih di Atas Inflasi

“Demand dan supply (Indonesia) terjaga, inflasi tertahan karena kita memberi subsidi. Ekspor dan konsumsi yang supporting ini dengan suplai yang responsif jadi kita bisa mendapatkan growth 5,4 persen dengan inflasi relatif stabil,” jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu melanjutkan, pertumbuhan ekonomi nasional juga didukung oleh pertumbuhan positif dari konsumsi rumah tangga dan ekspor meski ternyata konsumsi pemerintah mengalami kontraksi.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X