• Senin, 26 September 2022

Pemerintah Harus Segera Mengkoreksi Kuota BBM Bersubsidi Solar dan Pertalite

- Jumat, 29 Juli 2022 | 20:48 WIB
Direktur Pusat Studi kebijakan publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria
Direktur Pusat Studi kebijakan publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria

HARIANTERBIT.com --Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria mengatakan, pemerintah harus segera mengambil sikap dan keputusan untuk mengkoreksi kuota BBM bersubsidi Solar dan Pertalite agar ketika waktunya kuota benar telah habis, Pertamina sebagai badan usaha yang ditugaskan untuk menyediakan dan mendistribusikan BBM PSO dapat tetap lancar melaksanakan distribusi BBM ke masyarakat.

“Hal ini penting agar pada saatnya nanti ketika kuota BBM subsidi benar-benar habis, Pertamina sebagai badan usaha yang ditugaskan untuk menyediakan dan mendistribusikan BBM PSO dapat tetap lancar menyediakan dan mendistribusikannya ke masyarakat,” ujar Sofayano, Jumat, 29 Juli 2022.

Baca Juga: Airlangga Temui Partai Penguasa Jepang, Golkar dan LDP Sepakati Pertukaran Pemuda

Menurut Sofyano, penambahan kuota harus sedini mungkin disampaikan ke DPR dan harus segera pula mendapat persetujuan DPR agar tidak terjadi jadi kelangkaan BBM yang justru malah nenimbulkan masalah serius bagi Pemerintah.

Over Kuota

Pertamina Patra Niaga sebagai badan usaha, paparnya, perlu pula mendapatkan kejelasan dan perintah tertulis dari Pemerintah untuk tetap melakukan distribusi BBM bersubsidi sebagaimana mestinya jika terjadi over kuota.

Baca Juga: Momen Erick Thohir Dampingi Jokowi dan Bertemu Shin Tae-yong di Korea Selatan

“Kejelasan terkait over kuota dan penambahan kuota ini dapat menjadi dasar bagi Pertamina Patra Niaga dalam bertindak termasuk sebagai dasar hukum atas biaya yang timbul akibat itu,” paparnya.

Koreksi penambahan kuota BBM bersubidi tidak bisa menunggu hasil pelaksanaan pengendalian pembelian BBM bersubsidi. Jika melihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, over kuota adalah hal yang sudah terbukti terjadi dan saya rasa sulit mengatasi ini secara maksimal.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Data BSU, BPJamsostek Imbau Pekerja Akses Kanal Resmi

Selasa, 20 September 2022 | 20:22 WIB

Kata OJK soal Persoalan PT. Titan dan Bank Mandiri

Senin, 19 September 2022 | 17:16 WIB

Kinerja BTN Syariah Menggila

Senin, 19 September 2022 | 16:18 WIB

Ditengah Isu Akuisisi, Laba BTN Syariah Menggila

Minggu, 18 September 2022 | 16:29 WIB

BTN Hadir di RSPAD

Sabtu, 17 September 2022 | 16:47 WIB

Laba Bersih BTN Melonjak 59,87 Persen

Kamis, 15 September 2022 | 16:16 WIB
X