• Kamis, 1 Desember 2022

Bertemu Gubernur Bank Jepang, Menko Airlangga Buka Peluang Investasi Sektor Kesehatan dan Pangan

- Selasa, 26 Juli 2022 | 15:58 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) yang baru Nobumitsu Hayashi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) yang baru Nobumitsu Hayashi

HARIANTERBIT.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) yang baru Nobumitsu Hayashi untuk berinvestasi di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Airlangga didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso. Pertemuan digelar di Hotel Imperial Tokyo, Jepang, Senin, 25 Juli 2022, selama hampir 2 jam itu berlangsung dengan pembahasan yang lebih fokus kepada berbagai proyek JBIC yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Seminar KAHMI: Perbaikan Tata Kelola SDA dan Pembangunan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Rakyat

Mengawali pertemuan, Menko Airlangga menyampaikan bahwa JBIC berperan besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia sebagai sumber pendanaan maupun penasihat dalam berbagai proyek infrastruktur.

JBIC setiap tahun membuat survei atas perusahaan manufaktur Jepang yang melakukan bisnis di luar Jepang (Survey on Overseas Business Operations by Japanese Manufacturing Companies).

Seperti kita ketahui pada survei tahun 2021, dari Daftar “Promising Countries for Overseas Business” , Indonesia masih di peringkat ke-6 atau di bawah Vietnam dan Thailand. “Indonesia ingin lebih tinggi dari Vietnam dan Thailand, inilah alasan utama kenapa kami menemui JBIC di Tokyo,” ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga: Komunikolog Sarankan Kapolri Bentuk Tim SCI Independen untuk Ungkap Fakta Penembakan Brigadir J

JBIC memiliki spesialisasi yang salah satunya adalah pembiayaan di sektor energi.

“Beberapa proyek infrastruktur utama seperti Pembangkit Listrik Tanjung Jati-B, Jawa 1, dan pembangkit panas bumi Sarula dan Muara Laboh, serta proyek LNG Tangguh. Proyek-proyek ini menyediakan sumber energi yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” ujar Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resesi dan Badai PHK Mulai Ancam Perusahaan Teknologi

Kamis, 1 Desember 2022 | 01:04 WIB

Realisasi Penyalur KUR Baru 86,5 Persen dari Target

Rabu, 30 November 2022 | 11:55 WIB

Tatap 2023, KPI Siapkan 13 Inisiatif ESG

Selasa, 29 November 2022 | 14:15 WIB
X