• Rabu, 10 Agustus 2022

Kenaikan Tarif Listrik Untuk Rumah Tangga Dinilai Tepat

- Kamis, 30 Juni 2022 | 19:55 WIB
Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu dalam Webinar bertajuk "Keadilan Tarif Dasar Listrik, Perlukah Dilakukan Penyesuaian?", Kamis, 30 Juni 2022.
Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu dalam Webinar bertajuk "Keadilan Tarif Dasar Listrik, Perlukah Dilakukan Penyesuaian?", Kamis, 30 Juni 2022.

HARIANTERBIT.com Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan, rencananya dalam waktu dekat ini pemerintah akan menaikkan tarif listrik untuk rumah tangga (RT) mampu dengan daya listrik cukup besar. Namun, kewenangan menaikkan atau menurunkan listrik ada di tangan Pemerintah cq. Ditjen Gatrik Kementerian ESDM.

Menurutnya, kenaikan tarif listrik yang berlaku mulai 1 Juli 2022 hanya berlaku untuk pelanggan rumah tangga yang mampu serta golongan pemerintah.

Baca Juga: Prabowo 3 Kali Kalah Pilpres, Gandeng Cak Imin InsyaAllah Menang di Pemilu 2024

“Untuk pelanggan rumah tangga yang menerima subsidi serta pelanggan dengan daya listrik di bawah 3.500 VA tidak mengalami kenaikan tarif listrik. Demikian pula untuk pelanggan UMKM hingga industry,” ujarnya pada Webinar bertajuk "Keadilan Tarif Dasar Listrik, Perlukah Dilakukan Penyesuaian?", Kamis, 30 Juni 2022.

Penyesuaian tarif listrik hanya berlaku untuk golongan Rumah Tangga R2 dengan daya 3.500-5.500 VA, Rumah Tangga R3 dengan daya di atas 6.600 VA, dan pelanggan golongan pemerintah yang ditanggung negara.

Baca Juga: Presiden Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Dewan Nasional KEK

Pihak Pemerintah, ujarnya, selalu memonitor dan mengevaluasi biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik di PLN. Saking pentingnya, ada beberapa kementerian termasuk Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan kami sendiri (Kementerian ESDM) yang mengevalusi, mengendalikan BPP daripada PT PLN (Persero).

Sudah Tepat

Direktur Energy Wacth Mamit Setiawan menilai kebijakan tersebut sudah tepat dilakukan di tengah kondisi indikator kenaikan biaya produksi yang sudah memang masuk syarat untuk meng-ajustment tarif listrik.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Strategi Jitu Pengembangan Bisnis Berbasis Digital

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:45 WIB
X