• Kamis, 6 Oktober 2022

Catat, Juli 2022 Ini Ada Penyesuaian Tarif Listrik bagi Golongan Mampu

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:21 WIB
Narasumber  Forum Merdeka Barat 9 bertema Kebijakan Tarif Listrik Berkeadilan (iat)
Narasumber Forum Merdeka Barat 9 bertema Kebijakan Tarif Listrik Berkeadilan (iat)


Jakarta, HanTer – Sebentar lagi Pemerintah akan menyesuaikan tarif listrik pada triwulan III 2022, untuk golongan rumah tangga mampu mulai dari 3.500 VA ke atas. Penyesuian tarif ini juga berlaku untuk semua pelanggan Pemerintah (P1, P2, dan P3).

Hal ini disampaikan Rida Mulyana selaku Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM) dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 bertema “Kebijakan Tarif Listrik Berkeadilan”, Jumat (17/6/2022).

Penyesuaian tarif listrik atau lebih dikenal sebagai tariff adjustment merupakan mekanisme yang sudah diatur dalam Permen ESDM No.28 Tahun 2016 jo Permen ESDM No.3 Tahun 2020. Permen ini mengatur tentang penyesuaian tarif listrik secara otomatis.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena Cabai

"Artinya untuk golongan pelanggan non subsidi (ada 13 golongan) dimungkinkan sesuai aturan tadi untuk diterapkannya automatic adjustment. Automatic di sini artinya PLN sendiri bisa langsung melaksanakannya," terang Rida.

Untuk golongan di bawah itu, tarif listrik tidak dinaikkan. Akibatnya, pemerintah harus menanggung subsidi dan kompensasi listrik yang lebih besar pada 2022. Tarif baru tersebut akan berlaku mulai Juli 2022.

Rida menjelaskan, penerapan tariff adjustment dilakukan sesuai mekanisme yakni setiap 3 bulan apabila terjadi perubahaan. Baik peningkatan maupun penurunan faktor yang bersifat uncontrollable seperti kurs, inflasi, ICP dan harga batubara.

Mekanisme penerapan tariff adjustment, disampaikan Rida, ditetapkan oleh Direksi PLN setelah mendapatkan persetujuan menteri.

Kemudian, PLN wajib mengumumkan pelaksanaan tariff adjustment kepada konsumen sebelum pelaksanaan tariff adjustment tersebut.

Baca Juga: Malam-malam Iko Uwais Penuhi Panggilan Polisi

Rida menuturkan, penetapan golongan R2 dan R3 dari golongan rumah tangga dikenakan tariff adjustment. Sebab, pihaknya menilai, golongan ini dinilai sebagai golongan mampu.

Halaman:

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

Importir Kedelai AS Bakal Peroleh Sertifikat SSAP

Kamis, 6 Oktober 2022 | 07:34 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:44 WIB

Sabet Tiga Penghargaan, PGE Raih Dharma Karya Muda

Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:03 WIB

Urutan 1 Negara Dengan Tingkat Inflasi Paling Tinggi

Rabu, 28 September 2022 | 23:10 WIB
X