• Jumat, 19 Agustus 2022

Blusukan ke Pasar, Mendag Janji Kendalikan Harga Pangan

- Kamis, 16 Juni 2022 | 22:55 WIB

Jakarta, HanTer - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas memantau Pasar Cibubur di Jakarta Timur pada hari pertamanya bertugas sebagai Mendag, untuk melihat dan mendengar langsung stok pangan dan keluh kesah para pedagang dan pembeli.

"Sebelum rapat-rapat, justru (kunjungan ke pasar) ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang dan masyarakat pembeli. Harga-harga barang kebutuhan pokok harus segera kita kendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat," ujar Mendag, Kamis (16/6/2022).

Mendag mengatakan akan merumuskan berbagai strategi penanganan masalah pangan secara nasional dengan prinsip keadilan sehingga pedagang dan pembeli senang. Selain itu, Kementerian Perdagangan harus menjadi regulator yang adil.

"Kemendag harus menjadi yang paling depan mengatur prinsip keadilan dalam perdagangan. Regulasi harus adil. Pedagang dan pembeli harus jujur, seimbang, dan saling memberikan maslahat satu sama lain. Pembelinya bahagia. Pedagang bahagia. Jangan sampai ada yang menimbun, menahan harga, dan lainnya," katanya.

Prinsip keadilan, tegas Mendag Zulhas, harus dikedepankan. Orientasinya untuk kesejahteraan rakyat. "Kita mulai dari sini. Saya ingin pedagang dan pembeli bahagia. Adil, saling memberikan kebaikan satu sama lain. Itu berkah namanya," ujar Zulhas.

Terkait minyak goreng, Mendag memaparkan pihaknya segera mengambil kebijakan agar harga minyak goreng curah dapat dikemas sederhana dan terkendali di harga Rp14.000/liter.

Selain mengecek harga di Pasar Cibubur, Mendag juga mendengarkan keluh kesah para pedagang dan pembeli. Pedagang daging dan telur bernama Eti mengeluhkan terus naiknya harga sembako yang membuatnya kesulitan menjual dengan harga yang menguntungkan.

"Dari sananya sudah mahal, terpaksa kita ambil untung hanya sedikit. Kalau mahal, gak ada yang mau beli. Semua jadi susah. Bukan hanya pembeli, pedagang juga bingung soal harga ini, Pak," katanya. (Ak/Ant)

 

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Ekspansi ke Asia Tenggara, KVG Lirik Potensi Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:18 WIB

BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:05 WIB
X