• Selasa, 28 Juni 2022

Erick Thohir Ajak Gen Z Lindungi Indonesia dari Produk Asing

- Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Jakarta, HanTer - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong milenial dan generasi Z agar aktif dalam menghadapi digitalisasi. Dia mengatakan menyebut banyak tatanan industri dan ekonomi yang berubah di era digital dan disrupsi teknologi yang menyertainya.

“Artinya akan terjadi perubahan signifikan dalam hal pekerjaan. Ini yang perlu diantisipasi," ujar Erick.

Erick berkata anak muda perlu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengambil peluang dalam bersaing. Pasalnya, sepuluh perusahaan terbesar di dunia, tujuh di antaranya kini merupakan perusahaan teknologi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Temui Airlangga, Tegaskan Bakal Balas Budi Terhadap Golkar

Lebih lanjut, Erick menuturkan kondisi itu adalah sinyal terjadinya perubahan di dunia industri. Bahkan, eksplorasi sumber daya manusia nilainya sudah melebihi industri sumber daya alam.

Terkait kondisi itu, Erick pun mengingatkan agar Indonesia tak sekadar menjadi pasar bagi berkembangnya produk asing di tengah kemajuan digital.

"Kita sudah menghadapi first wave dengan hadirnya media online. Kemudian second wave dengan hadirnya beragam aplikasi. Kemudian third wave dengan hadirnya metaverse. Jangan sampai semua ini sekadar jadi arena yang dikuasai produk asing," ujar Erick.

Baca Juga: Investasi GOTO Bikin Telkomsel Amsyong Triliunan, Keuangan Telkom Langsung Merah, Siapa Jadi Kambing Hitam?

Di sisi lain, Erick menyampaikan sudah menjadi keharusan bagi anak muda untuk menekuni teknologi digital. Dengan demikian, Indonesia akan semakin mampu bersaing dalam percaturan ekonomi dunia yang baru.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bantah Status NPL, PT Titan: Kita Masih Bayar

Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:26 WIB

BTN Gelar Lelang Properti Expo 2022

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:51 WIB

Ekspor Industri Pengolahan Naik 25 Persen

Selasa, 21 Juni 2022 | 23:18 WIB
X