• Jumat, 7 Oktober 2022

Miris, Kebutuhan Gandum dan Bawang Putih Hampir 100 Persen dari Impor

- Selasa, 8 Maret 2022 | 17:16 WIB
Stok bawang putih
Stok bawang putih

Jakarta, HanTer - Asosiasi Bank Benih Tani Indonesia (AB2TI) menyoroti sejumlah komoditas pangan yang bergantung dari luar negeri, bahkan ada komoditas yang hampir 100 persen dipenuhi melalui impor.

Komoditas tersebut seperti gandum dan bawang putih hampir 100 persen impor, kedelai 97 persen impor, gula 70 persen impor, daging lebih dari 50 persen impor.

"Ketika harga pangan dunia naik setelah pandemi, maka pasti kita akan kena imbas,” ujar Ketua AB2TI, Dwi Andreas Santosa dikutip dalam keterangannya, Selasa (8/3/2022).

Idealnya, kata Dwi, kebutuhan pangan dalam negeri bisa dipenuhi oleh petani dalam negeri. Namun hal ini sangat sulit terjadi karena tingginya disparitas harga pangan produksi dalam negeri dengan produk impor.

Sementara, anggota Komisi IV DPR RI Firman Subagyo meminta pemerintah membenahi produksi sejumlah komoditas pangan dalam negeri guna mengatasi ketergantungan pangan impor.

"Parlemen sejak jauh hari sudah mengingatkan pentingnya produksi pangan untuk ketahanan pangan nasional. Bahkan, sebelum pandemi dan konflik Rusia-Ukraina yang membuat harga komoditas pangan melonjak," kata Firman.

Menurut dia, kenaikan harga pangan harus selalu dievaluasi agar stabil dan tidak melonjak.

"Kenapa Indonesia mesti mengimpor, ini yang harus dievaluasi. Jangan kita bilang surplus, tetapi barangnya tidak ada. Kalau memang ada surplus, barangnya ada di mana?," kata dia.

Firman memprediksi dampak dari pandemi yang belum sepenuhnya berakhir dan ditambah dampak meningkatnya tensi geopolitik invasi Rusia di Ukraina, maka akan muncul dua krisis global yaitu energi dan pangan.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Importir Kedelai AS Bakal Peroleh Sertifikat SSAP

Kamis, 6 Oktober 2022 | 07:34 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:44 WIB

Sabet Tiga Penghargaan, PGE Raih Dharma Karya Muda

Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:03 WIB

Urutan 1 Negara Dengan Tingkat Inflasi Paling Tinggi

Rabu, 28 September 2022 | 23:10 WIB
X