• Kamis, 1 Desember 2022

Pemerintah Kirim Pesawat Garuda Evakuasi WNI di Ukraina

- Kamis, 3 Maret 2022 | 23:28 WIB
Ilustrasi Garuda Indonesia
Ilustrasi Garuda Indonesia

Jakarta, HanTer - Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan evakuasi bagi sedikitnya 80 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina dan 3 Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan keluarga WNI dalam rombongan tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan ini merupakan tindak lanjut dari upaya evakuasi WNI dari situasi konflik Ukraina yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri RI dengan menggunakan penerbangan charter Garuda Indonesia yang dioperasikan dengan armada A330-200.

"Pesawat tersebut diterbangkan dari Bucharest, Romania yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Ukraina menuju Jakarta, Indonesia," kata Irfan dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Kamis (3/3).

Irfan menjelaskan, penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Henri Coanda Bucharest, Romania hari Rabu (2/3) kemarin pukul 15.10 dan tiba di bandara internasional Soekarno Hatta pada hari ini, Kamis (3/3) pukul 17.00 WIB, setelah sebelumnya melakukan transit di Madinah.

Ia memaparkan bahwa penerbangan evakuasi WNI tersebut ini telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan memperhatikan prosedur keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara, termasuk pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 bagi seluruh penumpang.

Seluruh WNI yang ikut serta dalam penerbangan ini telah mendarat dengan selamat di tanah air pada sore hari ini beserta dengan seluruh tim pendamping dari Kementerian Luar Negeri RI, tim pengamanan dari Mabes TNI, serta tenaga kesehatan yang terus mendampingi secara intensif selama proses penerbangan. (Ak/Ant)

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Resesi dan Badai PHK Mulai Ancam Perusahaan Teknologi

Kamis, 1 Desember 2022 | 01:04 WIB

Realisasi Penyalur KUR Baru 86,5 Persen dari Target

Rabu, 30 November 2022 | 11:55 WIB

Tatap 2023, KPI Siapkan 13 Inisiatif ESG

Selasa, 29 November 2022 | 14:15 WIB
X