• Kamis, 1 Desember 2022

Tips Mengaplikasikan Mezzanine untuk Interior Rumah Anda

anu
- Rabu, 19 Februari 2020 | 19:40 WIB
Inovasi konsep mezzanine dalam interiornya. 
Inovasi konsep mezzanine dalam interiornya. 

Jakarta, HanTer - Belakangan ini, berbagai inovasi dalam tata ruang diaplikasikan oleh para developer perumahan di Indonesia. Pengaplikasian ide-ide interior ini disebabkan oleh permintaan elemen-elemen kekinian yang sifatnya modern oleh para pencari properti.

Sebut saja salah satu proyek properti hunian terbaru oleh developer Easton Group yakni perumahan Somerhill House di Ciputat yang mengaplikasikan inovasi konsep mezzanine dalam interiornya. 

Konsep mezzanine sendiri secara sederhana dipahami sebagai ruangan ekstensi yang dibangun di antara lantai dasar dan plafon. Area yang bersifat portabel dengan material non-semen ini dibangun untuk berbagai macam kebutuhan fungsi ruangan. Mulai dari tempat ibadah, tempat kerja, hingga gudang.

Tanpa material semen disini maksudnya dibangun dengan menggunakan  material-material praktis seperti beton, baja ringan maupun material kayu. Mezzanine belakangan ini diadopsi dan diaplikasikan oleh berbagai hunian modern dikarenakan dapat mengakomodasi beragam tema rumah dan apartemen, mulai dari minimalis, maksimalis, bohemian, rustic, hingga bertemakan shabby chic.

Bagi anda yang tertarik untuk mengaplikasikan inovasi penataan ruang hunian seperti perumahan Somerhill House di Ciputat sebelumnya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda mengaplikasikannya.

Memastikan Ukuran Tinggi Ruang

Membuat mezzanine di dalam interior rumah tentu membutuhkan tinggi ruang yang ideal. Hal ini tentu menjadi penting dikarenakan jika tinggi ruang hunian terlalu pendek, bukannya membuatnya berguna atau mempercantik ruangan tersebut, Anda justru membuatnya menjadi terasa sangat sesak. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan kenyamanan aktivitas dari ruang bawah dari letak mezzanine tersebut. Adapun tinggi ruang atau jarak dari lantai ke plafon yang ideal diketahui disarankan minimal setinggi 4 meter.

Kegunaan

Sama seperti membuat ruang-ruang lain pada sebuah rumah, membuat mezzanine harus memiliki tujuan atau kegunaan yang jelas. Hal ini berkaitan dengan hakikat mezzanine yang merupakan ekstraksi ruang pada hunian. Melalui penentuan kegunaan ini juga, Anda dapat memperkirakan luasan dari area mezzanine tersebut serta pemilihan material pembangun yang tepat. Dilansir dari portal properti global, Lamudi.co.id, beberapa kegunaan dari mezzanine sendiri yakni mulai dari tempat bekerja, tempat beribadah, area bermain, hingga gudang.

Halaman:

Editor: anu

Tags

Terkini

Resesi dan Badai PHK Mulai Ancam Perusahaan Teknologi

Kamis, 1 Desember 2022 | 01:04 WIB

Realisasi Penyalur KUR Baru 86,5 Persen dari Target

Rabu, 30 November 2022 | 11:55 WIB

Tatap 2023, KPI Siapkan 13 Inisiatif ESG

Selasa, 29 November 2022 | 14:15 WIB

OJK: Pertumbuhan IHSG Masih Tertinggi di ASEAN

Senin, 28 November 2022 | 16:32 WIB
X