UE Restui Microsoft Akuisisi Activision Blizzard, Nilainya Ditaksir 69 Miliar Dolar AS

- Selasa, 16 Mei 2023 | 17:45 WIB
Microsoft. (Ist)
Microsoft. (Ist)

HARIANTERBIT.com – Komisi Uni Eropa (UE) akhirnya menyetujui upaya Microsoft mengakuisisi terhadap perusahaan game, Activision Blizzard, setelah kekhawatiran adanya monopoli terhadap aksi korporasi tersebut.

Dalam pernyataannya, Komisi Uni Eropa menyebut nilai akuisisi tersebut mencapai 69 miliar dolar AS.

"Investigasi pasar yang mendalam mengindikasikan bahwa Microsoft tidak akan dapat merugikan konsol saingan dan layanan berlangganan multi-game saingannya," kata Komisi Eropa dalam sebuah pernyataan, dikutip Selasa (16/5/2023).

Baca Juga: Kejagung Tetapkan Direktur Utama PR Graha Telkom Sigma Jadi Tersangka Perkara Korupsi Proyek

Menurut pernyataan tersebut, tawaran Microsoft untuk memberikan lisensi gratis selama 10 tahun - yang menjanjikan konsumen Eropa dan layanan streaming game cloud untuk mengakses game-game PC dan konsol milik Activision - akan menjamin persaingan yang sehat di pasar.

"Komitmen ini sepenuhnya mengatasi masalah persaingan yang diidentifikasi oleh Komisi dan mewakili peningkatan yang signifikan untuk cloud gaming dibandingkan dengan situasi saat ini," tambahnya.

Pada bulan April, Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris bergerak untuk memblokir pembelian tersebut, dengan alasan bahwa hal itu akan menghancurkan pasar cloud gaming.

Baca Juga: Konser Coldplay di Jakarta, Menparekraf Ingatkan Penyelenggara Kedepankan Aspek Keamanan

Activision Blizzard adalah raksasa video game asal Amerika Serikat yang memproduksi beberapa game terkenal di dunia, termasuk Call of Duty, StarCraft, dan World of Warcraft.

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X