Negara Tanpa Kasus Covid-19 yang Dilaporkan

Hermansyah
Negara Tanpa Kasus Covid-19 yang Dilaporkan
Ilustrasi tidak terinfeksi Covid-19

Jakarta, HanTer - Beberapa negara di Pasifik Selatan dan Asia adalah beberapa negara yang tidak memiliki kasus Covid-19 yang dilaporkan dari pandemi virus Corona.

Di seluruh dunia, negara-negara mengalami rekor jumlah kasus virus Corona, dari Italia hingga Amerika Serikat, di mana gelombang kedua atau ketiga mengungkapkan kondisi yang lebih buruk daripada ketika pandemi awalnya melanda.

Tetapi beberapa negara telah mencegah pandemi virus Corona sejak dimulai 10 bulan lalu, melaporkan tidak ada kasus hingga pertengahan November ini, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Sembilan dari 11 negara yang melaporkan tidak ada kasus adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik, dan kemungkinan besar merasakan manfaat karena hanya berbatasan dengan lautan. Tetapi kebijakan perjalanan ketat mereka mungkin juga bertanggung jawab atas kesuksesan pulau-pulau itu, karena negara dan wilayah kepulauan lain juga tidak bernasib baik.

Meskipun negara-negara ini melaporkan tidak ada kasus, itu tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa mungkin terbang di bawah radar. Seperti yang dicatat oleh The Associated Press , dua negara khususnya, Korea Utara dan Turkmenistan, telah menimbulkan keraguan dari komunitas internasional tentang keakuratan data kesehatan mereka.

Selain 11 negara, empat wilayah juga melaporkan nol kasus virus Corona, seperti Samoa Amerika, Saint Helena, Kepulauan Pitcairn, dan Tokelau.

Berikut adalah 11 negara yang menurut WHO telah melaporkan nol kasus Covid-19

1. Kepulauan Cook


Terdiri dari 15 pulau kecil, Kepulauan Cook adalah negara kepulauan yang terletak di Pasifik Selatan, lebih dari 2.000 mil timur laut Selandia Baru, di mana ia terkait secara politik. Negara itu dilaporkan telah mencegah virus keluar dengan melakukan wajib karantina saat masuk dan sementara melarang kapal rekreasi dari pelabuhannya, termasuk kapal pesiar.

 

2. Negara Federasi Mikronesia


Negara ini terdiri dari lebih 600 pulau, menempati kurang dari 300 mil persegi gabungan tanah antara empat negara bagian, ia menempati sekitar 1 juta mil persegi lautan. Meskipun negara tersebut telah melaporkan nol kasus Covid-19 menurut Organisasi Kesehatan Dunia, negara itu telah menerima dukungan dari AS, China, dan Jepang selama pandemi virus Corona.

 

3. Kiribati


Memiliki 32 atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna sebagian atau seluruhnya), terumbu karang melingkar, dan satu pulau batu kapur, membentuk Kiribati, yang terletak sekitar 2.000 mil barat daya Hawaii. Negara itu, satu-satunya negara yang terletak di keempat belahan bumi, memberlakukan pembatasan perjalanan untuk memerangi Covid-19 sejak dini, menjadi lebih mudah mengingat hanya segelintir maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan ke negara terpencil itu.

 

4. Nauru


Tetangga Kiribati, Nauru adalah negara terkecil ketiga di dunia berdasarkan ukuran; satu pulau, lebih dari 8 mil persegi, adalah rumah bagi populasi terkecil kedua di dunia dengan hanya sekitar 10.000 jiwa. Negara itu dilaporkan telah mencegah virus Corona melalui pembatasan perjalanan serupa ke negara tetangga mereka.

 

5. Niue


Terletak sekitar 1.500 mil timur laut Selandia Baru di mana ia terkait secara politik, negara pulau Niue adalah salah satu pulau karang terbesar di dunia, dan pulau paling barat dari Kepulauan Cook, meskipun beroperasi secara independen. Negara tersebut telah menerima dukungan dari Selandia Baru untuk membantu memerangi COVID-19.

 

6. Korea Utara


Korea Utara adalah satu dari hanya dua negara non-pulau yang masuk daftar ini, meskipun laporannya tentang nol kasus virus korona baru telah dipertanyakan. Korea Utara berbagi perbatasan dengan China dan Korea Selatan , yang diyakini beberapa orang akan membuat pelaporan kasus nol menjadi tidak mungkin. Korea Utara, negara terbesar yang melaporkan nol kasus, dengan populasi 25 juta, telah melakukan penguncian yang ketat, pembatasan perjalanan, dan menutup perbatasannya.

 

7. Palau


Palau, sebuah negara kepulauan dengan lebih dari 300 pulau, terletak sekitar 800 mil di barat daya Guam dan lebih dari 500 mil di timur Filipina . Ini adalah negara merdeka dalam pergaulan bebas dengan Amerika Serikat. Negara kepulauan itu awalnya menangguhkan semua perjalanan udara komersial untuk mencegah pandemi virus Corona dari perbatasannya, kemudian beralih ke model wajib karantina.

 

8. Samoa


Terdiri dari empat pulau berpenghuni dan beberapa pulau tak berpenghuni, Samoa adalah salah satu negara paling barat di Polinesia, dan merupakan negara merdeka dan anggota Persemakmuran. Pemerintah negara itu melarang hampir semua perjalanan ke pulau-pulaunya, kecuali dalam keadaan luar biasa, di mana periode karantina wajib diberlakukan untuk menghindari membawa Covid-19 ke negara itu.

 

9. Tonga


Kepulauan yang membentuk Tonga, dengan sekitar 170 pulau yang 36 di antaranya berpenghuni, berbatasan dengan Fiji di barat laut, Samoa di utara dan Niue di timur laut. Negara itu dilaporkan telah menjauhkan virus Corona dari pantainya dengan membatasi kapal pesiar pada tahap awal pandemi, menutup bandara dan bahkan melembagakan penguncian nasional.

 

10. Turkmenistan


Lokasi non-terpencil Turkmenistan di Asia Tengah menimbulkan pertanyaan tentang kemampuannya untuk menangkal pandemi Covid-19, yang telah menyentuh semua kecuali satu benua di dunia. Meski begitu, negara itu belum secara resmi mengakui terinfeksi kasus virus Corona, meskipun para pejabatnya telah membatasi semua perjalanan komersial, acara keagamaan massal, dan mendorong jarak sosial dan pemakaian masker.

 

11. Tuvalu


Terletak sekitar setengah jalan antara Hawaii dan Australia , Tuvalu terdiri dari tiga pulau karang dan enam atol, dengan luas gabungan sekitar 10 mil persegi dan populasi lebih dari 10.000. Bangsa merdeka, anggota Persemakmuran, telah berhasil menutup perbatasannya untuk bepergian, dengan karantina wajib dalam beberapa kasus.