Vaksin Covid-19

Pfizer Sebut Vaksinnya 90% Efektif

Hermansyah
Pfizer Sebut Vaksinnya 90% Efektif
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer 

Jakarta, HanTer - Perusahaan farmasi Pfizer pada hari Senin (9/11/2020) mengklaim bahwa data awal dari vaksin virus Corona menunjukkan 90% efektif dalam mencegah virus.

Perusahaan itu mengatakan jikan hasil dari tahap ketiga, studi tahap akhir dari vaksin potensial, menunjukkan vaksin itu efektif dalam mencegah Covid-19 pada sebagian besar peserta tanpa bukti infeksi virus Corona sebelumnya.

"Hasilnya menunjukkan bahwa vaksin berbasis mRNA kami dapat membantu mencegah Covid-19 pada sebagian besar orang yang menerimanya," kata perusahaan itu dalam siaran pers.

"Ini berarti kami selangkah lebih dekat untuk secara potensial menyediakan orang-orang di seluruh dunia dengan terobosan yang sangat dibutuhkan untuk membantu mengakhiri pandemi global ini," tambah pernyataan Pfizer.

Analisis pendahuluan melihat 94 kasus Covid-19 pertama yang dikonfirmasi di antara lebih dari 43.000 sukarelawan penelitian yang menerima dua dosis vaksin atau dua dosis plasebo. Ditemukan bahwa kurang dari 10% infeksi terjadi pada peserta yang telah menerima vaksin. Lebih dari 90% kasus virus Corona terjadi pada orang yang menerima plasebo.

Meskipun hasilnya positif, perusahaan belum dapat mengajukan Izin Penggunaan Darurat dari Food and Drug Administration. Lebih banyak data diperlukan dan Pfizer terus mengumpulkan data keselamatan sebagai bagian dari studi klinisnya yang sedang berlangsung.

Perusahaan memperkirakan membutuhkan sekitar dua bulan data keamanan setelah dosis kedua dan terakhir dari vaksinnya, yang akan tersedia pada minggu ketiga bulan ini.

#Vaksin   #Covid-19   #Pfizer   #