Saat Karantina, India Beri Kelonggaran Untuk Usaha Kecil Buka Warung

Hermansyah
Saat Karantina, India Beri Kelonggaran Untuk Usaha Kecil Buka Warung
Lockdown di India

New Delhi, HanTer - Pemerintah India memberi kelonggaran untuk beberapa pelaku usaha kecil dengan mengizinkan mereka tetap beroperasi di tengah pemberlakuan karantina wilayah, kebijakan yang bertujuan mengendalikan penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Pemerintah India pada Sabtu (25/4/2020), mengizinkan beberapa toko dalam jumlah terbatas kembali beroperasi di daerah perumahan.

Sehari sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri setempat mengatakan bahwa toko-toko ritel dapat kembali buka, tetapi jumlah staf yang diperbolehkan kerja dikurangi 50 persen. Kebijakan itu ditetapkan guna memastikan aturan jaga jarak tetap dipatuhi pelaku usaha. Tidak hanya itu, pemerintah mewajibkan seluruh karyawan toko memakai masker dan sarung tangan.

Meski demikian, penjualan minuman keras dan barang nonkebutuhan pokok tetap dilarang. Tidak hanya itu, pertokoan di pasar yang besar, mal dengan gerai banyak merek atau hanya satu merek barang tetap tutup sampai 3 Mei mendatang.

Sejauh ini, Pemerintah India melaporkan 24.506 orang positif tertular virus dan 775 di antaranya meninggal dunia. Otoritas setempat membentuk satuan tugas baru yang fokus untuk memastikan warga patuh menjalani aturan karantina.