Bantu Ekonomi Negara Terdampak Coronavirus

Spanyol Rancang Skema Dana Pemulihan 1,5 Triliun Euro

Hermansyah
Spanyol Rancang Skema Dana Pemulihan 1,5 Triliun Euro
Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez

Madrid, HanTer - Pemerintah Spanyol akan mengusulkan kepada mitra-mitranya di Uni Eropa (UE) bahwa mereka akan menciptakan dana pemulihan 1,5 triliun euro (1,63 triliun US dolar) yang dibiayai melalui utang abadi untuk membantu negara-negara yang paling parah dilanda krisis virus Corona, sebuah makalah diskusi menunjukkan.

Perdana Menteri Pedro Sanchez akan menguraikan proposal itu kepada kolega-kolega Eropa-nya selama pertemuan puncak pada 23 April mendatang, dalam upaya untuk memimpin negosiasi mencari solusi yang dapat diterima setelah Belanda dan Jerman mengesampingkan penerbitan utang bersama, kata sumber kementerian luar negeri kepada Reuters.

Dana baru yang diusulkan oleh Spanyol akan dibiayai oleh hutang abadi yang didukung oleh anggaran UE, dan negara-negara akan menghitungnya sebagai transfer dan bukan hutang. "Ini akan menjadi skema mutualisasi yang berbeda dari yang kita pikirkan, tapi itu adalah opsi yang dapat disepakati oleh semua," kata sumber itu.

Komisi Eropa akan bertindak sebagai peminjam utama dalam skema yang akan menggunakan anggaran UE sebagai upaya terakhir untuk meningkatkan utang baru.

Proposal Spanyol selaras dengan yang disampaikan oleh Komisaris Anggaran Uni Eropa Johannes Hahn. Menurut makalah diskusi tiga halaman Spanyol, transfer dana harus di-frontload mulai pada hari pertama 2021 dan akan dieksekusi selama dua hingga tiga tahun ke depan.

Spanyol ingin pembayaran bunga bergantung pada pajak Eropa baru, seperti pajak karbon dan pembiayaan lainnya. Sanchez akan meminta blok untuk bekerja menuju "harmonisasi pajak penuh."

#PedroSanchez   #Spanyol   #UniEropa   #UE   #EU   #Coronavirus