Taliban Bantu Afghanistan Perangi Virus Corona

Hermansyah
Taliban Bantu Afghanistan Perangi Virus Corona
Perang melawan Covid-19 di Afghanistan

Kabul, HanTer - Ketika Khairullah yang berusia 55 tahun dari sebuah desa di provinsi Jawzjan, utara Afghanistan, diundang untuk bergabung disebuah pertemuan setelah salat Jumat, pada 27 Maret lalu, ia tidak siap dengan apa yang ia saksikan.

Terlepas dari cuaca musim semi yang luar biasa dingin, Khairullah, yang meminta namanya diganti dan tetangganya, disambut oleh pejuang Taliban yang memegang AK-47 mereka yang mengenakan alat pelindung diri medis lengkap untuk sebuah lokakarya tentang pencegahan Coronavirus.

"Sudah sekitar seminggu sejak Taliban melakukan kampanye penyadaran seperti ini di sini. Mereka meminta orang untuk menggunakan masker dan sarung tangan, berbicara tentang mencuci tangan dengan sabun, hal-hal semacam itu," Khairullah mengatakan kepada Al Jazeera, dalam panggilan telepon dari desanya di distrik Darzaab yang dikuasai Taliban.

"Mereka telah membatalkan semua pertemuan umum, pernikahan dan meminta orang-orang untuk shalat di rumah, bukan di masjid untuk sementara waktu," tambahnya.

Berita Terkait:

Pemerintah Afghanistan Menyambut Baik Langkah Taliban

Warga Terinfeksi Covid-19 Dikarantina Taliban

Tercatat, Afghanistan memiliki kurang dari 400 kasus dikonfirmasi virus corona, ada kekhawatiran wabah virus mematikan di negara yang sudah bertahun-tahun menghadapi konflik, pemindahan dan kemiskinan.

"Kami diarahkan oleh komisi kesehatan kami untuk mengadakan kampanye kesadaran publik, yang telah kami lakukan di daerah-daerah yang kami kendalikan. Kami juga mendistribusikan pamflet dengan saran tentang pencegahan virus corona di distrik-distrik ini," Qari Khalid Hijran, yang menggambarkan dirinya sebagai anggota baru Taliban.