Virus Corona

Jumlah Kematian Karena Covid-19 di Seluruh Dunia Melonjak Melewati 11 Ribu Jiwa

Hermansyah

Jakarta, HanTer - Korban jiwa dari virus corona baru, telah melampaui 5.000 di Eropa, dengan Italia, Spanyol dan Jerman melaporkan peningkatan tajam dalam infeksi. Kematian di seluruh dunia melonjak melewati 11.000 pada hari Sabtu (21/3/2020), menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat.

Jumlah infeksi di seluruh dunia mendekati 300.000, sementara sekitar 88.000 orang telah pulih. Pakistan menghentikan penerbangan internasional dan Singapura melaporkan dua kematian pertama.

Italia mengumumkan 627 kematian lagi pada hari Jumat, peningkatan harian terbesar dalam epidemi empat minggu di negara itu, sehari setelah  melampaui angka  kematian China.

Total jumlah kematian di Italia kini telah mencapai 4.032. Jumlah kematian Spanyol juga meningkat menjadi lebih dari 1.300, sementara di Iran, jumlah kematian mencapai tonggak sejarah suram 1.500 sebagai negara menandai awal Tahun Baru Persia.

Jumlah kasus yang dikonfirmasi dari coronavirus di Belanda telah meningkat 637 menjadi total 3.631, otoritas kesehatan Belanda mengatakan dalam pembaruan harian mereka pada hari Sabtu, dengan 30 kematian baru. Total korban tewas di Belanda sekarang mencapai 136, dengan korban berusia antara 63 dan 95 tahun.

Finlandia telah mengkonfirmasi kematian koronavirus pertamanya, menurut penyiar publik nasional YLE. Pasien tersebut adalah seorang individu lanjut usia yang tinggal di distrik rumah sakit Helsinki dan Uusimaa, menurut Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Nasional (THL). Pada hari Sabtu, 521 infeksi telah dilaporkan di negara ini.

Swiss telah melaporkan 6.100 infeksi coronavirus, sekitar 25 persen lebih banyak dari sehari sebelumnya, dan 56 kematian, kata kementerian kesehatan Swiss, ketika rumah sakit di kanton Ticino yang berbatasan dengan Italia yang terpukul keras berada di bawah tekanan kuat.

"Situasi di Ticino sangat tegang," kata Daniel Koch, kepala divisi penyakit menular Kantor Federal. Penghitungan terbaru secara nasional naik lebih dari 1.200 kasus dalam sehari, sementara kematian naik 13 dari hari Jumat kemarin.