Diantaranya Wapres Iran dan Menkes Inggris Pesohor dan Pejabat Tinggi Dunia Tak Luput Dari Corona

Harian Terbit/Antara
Diantaranya Wapres Iran dan Menkes Inggris Pesohor dan Pejabat Tinggi Dunia Tak Luput Dari Corona
Wapres Iran Eshaq Jahangiri

Tak hanya rakyat biasa, para pesohor dan pejabat tinggi dunia terjangkit virus corona atau COVID-19. Setelah aktor Tom Hanks (63) dan istrinya Rita Wilson (63) dinyatakan positif corona, berikut pesohor lainnya yang positif penyakit mematikan itu.

Sophie Gregoire Trudeau, Ibu Negara Kanada

Kabar terbaru per 13 Maret pagi, Ibu Negara Kanada Sophie Gregoire Trudeau (44) dinyatakan positif corona setelah melalui proses pengujian medis, menurut konfirmasi dari juru bicara Perdana Menteri Justin Trudeau.

Berdasarkan riwayat perjalanan, baru-baru ini Sophie melakukan lawatan ke London, Inggris. Setelah kembali ke negaranya, ia dilaporkan mengalami gejala flu. Dengan diagnosis ini, Sophie akan menjalani perawatan isolasi selama 14 hari.

Eshaq Jahangiri, Wapres Iran
 
Wakil Presiden Iran Eshaq Jahangiri terbukti positif virus corona, menurut laporan kantor berita setempat pada Rabu. Selain Jahangiri, perwakilan pemerintah lainnya di Iran yang dilaporkan terjangkit virus corona di antaranya Menteri Warisan Budaya Ali Asghar Mounesan dan Presiden Komite Olimpiade Nasional Reza Salehi Amiri, berdasarkan daftar yang dirilis oleh Kantor Berita Fars.

Ketiganya menyusul puluhan anggota parlemen lain dan wakil menteri kesehatan negara Teluk tersebut, yang lebih dulu terdiagnosa COVID-19.

Jumlah korban meninggal akibat virus corona di Iran bertambah menjadi 354, menurut stasiun TV pemerintah.

Nadine Dorries, Menkes Inggris
 
Menteri Muda Kesehatan Inggris, Nadine Dorries, terbukti positif mengidap virus corona dan kini menjalani karantina sendiri, katanya pada Selasa. Dorries mengaku dirinya segera melakukan "semua tindakan pencegahan" begitu diberitahu soal diagnosisnya.

Surat kabar The Times melaporkan Dorries bertemu dengan ratusan orang di Parlemen dalam sepekan terakhir dan sempat menghadiri resepsi dengan Perdana Menteri Boris Johnson.

Irene Montero, Menteri Spanyol 

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez akan menggelar semua rapat melalui telekonferensi mulai Kamis, setelah salah satu menterinya didiagnosis terinfeksi virus corona.

Menteri Kesetaraan Spanyol Irene Montero (32) dinyatakan positif terkena COVID-19 pada hari yang sama dengan pengumuman keputusan tersebut.

Lebih lanjut, dalam sebuah pernyataan resmi, disebutkan bahwa Wakil Perdana Menteri Pablo Iglesias juga harus menjalani karantina, serta semua menteri akan dites corona Kamis pagi. 

Peter Dutton, Mendagri Australia 

Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton, dilaporkan positif terinfeksi virus corona. Seperti dilansir Associated Press, Jumat (13/3), Dutton tiga hari lalu sempat rapat dengan Perdana Menteri Scott Morrison dan Menteri Keuangan Josh Frydenberg dan sejumlah anggota kabinet di Sydney. Dutton mengatakan dia saat ini dikarantina di rumah sakit.

"Pagi ini saya bangun dan merasa demam serta radang tenggorokan. Saya segera mengontak Dinas Kesehatan Queensland dan langsung menjalani tes COVID-19. Saya diberitahu pada petang hari ini bahwa saya positif virus corona," kata Dutton, seperti dilansir The Sydney Morning Herald.

Mikel Arteta, Manajer Arsenal

Pada hari yang sama, 13 Maret, Mikel Arteta (37) yang merupakan manajer klub sepak bola besar Inggris, Arsenal, mendapat hasil positif setelah menjalani uji medis virus corona.

"Anggota klub Arsenal yang belakangan ini melakukan kontak dengan Mikel akan melakukan karantina mandiri sesuai dengan arahan kesehatan dari pemerintah," demikian pernyataan resmi klub Arsenal.

Fabio Wajngarten, Sekretaris Presiden Brazil

Sekretaris Presiden Brazil Jair Bolsonaro untuk urusan media dan komunikasi, Fabio Wajngarten, terkonfirmasi positif terjangkit virus corona, satu hari sebelum muncul kasus infeksi pada Sophie Trudeau dan Mikel Arteta, yakni pada 12 Maret.

Kasus Wajngarten terdeteksi beberapa hari setelah dia mendampingi Bolsonaro melakukan kunjungan ke Gedung Putih, bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, akhir pekan lalu.

#Corona   #iran   #wapres   #