Rekor Korban Tertinggi, 54 Tewas di Iran dalam Sehari Karena Coronavirus

Hermansyah
Rekor Korban Tertinggi, 54 Tewas di Iran dalam Sehari Karena Coronavirus
Warga Iran saat berjalan menggunakan masker

Teheran, HanTer - Coronavirus menewaskan 54 orang di Iran dalam 24 jam terakhir, angka tertinggi dalam satu hari sejak dimulainya wabah di negara tersebut.

Ini meningkatkan angka kematian menjadi 291 di tengah 8.042 kasus, juru bicara kementerian kesehatan Kianoush Jahanpour mengatakan dalam sebuah konferensi televisi, di mana 881 kasus baru telah dikonfirmasi, meningkatkan jumlah total infeksi menjadi 8.042.

Sementara itu, Presiden China Xi Jinping mengunjungi Wuhan, pusat penyebaran wabah Coronavirus untuk pertama kalinya sejak epidemi dimulai, suatu tanda yang diyakini Beijing bahwa upayanya untuk mengendalikan virus berhasil.

Sedangkan seluruh Italia, negara berpenduduk sekitar 60 juta orang,  ditempatkan di bawah karantina, ketika pemerintah meningkatkan upaya untuk mengatasi wabah virus Corona yang telah menewaskan 463 orang dan mengancam lebih dari 9.000 lainnya.

Secara global, lebih dari 3.800 orang telah meninggal karena virus corona dan lebih dari 110.000 kasus telah dikonfirmasi. Akan tetapi, sekitar 64.000 orang telah pulih di seluruh dunia.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru dibelahan dunia sepanjang Selasa, 10 Maret 2020.

Maroko laporkan kematian pertama
Kementerian kesehatan Maroko mengkonfirmasi kematian pertama negara itu dari Coronavirus di Casablanca karena jumlah keseluruhan infeksi baru meningkat menjadi tiga.

Pasien yang meninggal, yang memasuki Maroko dari Bologna di Italia, adalah seorang wanita Maroko berusia 89 tahun yang menderita penyakit pernapasan dan jantung, kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Maroko membatalkan semua perjalanan ke dan dari Italia, serta melarang penggemar menghadiri pertandingan sepakbola, membatalkan acara yang melibatkan pelancong asing dan pertemuan lebih dari 1.000 orang sebagai langkah pencegahan untuk mencegah wabah virus.

Orang keenam meninggal di Inggris, kasus meningkat menjadi 373
Orang keenam telah meninggal karena virus Corona di Inggris, kata kementerian kesehatan, ketika jumlah kasus yang dikonfirmasi meningkat menjadi 373, naik dari 319 sehari sebelumnya

Pasien, yang dirawat oleh Rumah Sakit West Hertfordshire NHS Trust, berusia 80-an dan memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, kata Chris Whitty, kepala petugas medis Inggris, dalam sebuah pernyataan.

Brunei laporkan lima kasus terbaru
Brunei mengatakan, lebih dari satu orang dinyatakan positif mengidap virus corona setelah negara kecil Asia Tenggara itu melaporkan kasus pertamanya sehari yang lalu.

Pasien coronavirus pertama di kesultanan itu adalah pria berusia 53 tahun asal Brunei yang kembali dari ibukota Malaysia Kuala Lumpur pada 3 Maret dan mulai menunjukkan gejala empat hari kemudian, kata kementerian kesehatan Brunei.

Dia adalah salah satu dari 90 warga Brunei yang menghadiri pertemuan keagamaan di sebuah masjid di Kuala Lumpur.

Risiko Coronavirus di Swedia sangat tinggi
Badan Kesehatan Masyarakat Swedia menaikkan tingkat risiko penularan virus Corona baru ke level "sangat tinggi" dari "sedang" dan mengatakan pihaknya melihat tanda-tanda penyebaran komunitas di negara Nordik.

Badan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan, di mana pihaknya melihat tanda-tanda penyebaran virus oleh masyarakat di wilayah yang berpusat di sekitar dua kota terbesar, Stockholm dan Gothenberg. "Badan itu tidak melihat penularan umum di seluruh negeri, tetapi tingkat risiko sekarang dinaikkan setinggi mungkin," katanya.

Pengumuman itu muncul beberapa menit setelah wilayah Stockholm melaporkan lonjakan kasus koronavirus yang dikonfirmasi menjadi 207, meningkat dari 60 sejak kemarin.

Austria tolak masuk pelancong dari Italia
Austria tolak masuknya orang yang datang dari Italia dalam upaya untuk memperlambat penyebaran coronavirus, kata Kanselir Sebastian Kurz.

Langkah-langkah lain termasuk membatalkan kuliah di universitas dan mendorong perusahaan untuk mengizinkan karyawan bekerja dari rumah, katanya.

Kegiatan dalam ruangan yang melibatkan lebih dari 100 orang dan acara luar ruangan lebih dari 500 orang juga akan dilarang.

Kazakhstan dan Serbia memberlakukan pembatasan perjalanan
Kazakhstan melarang masuk wisatawan dari Italia dan menambahkan Perancis, Jerman dan Spanyol ke dalam daftar mulai 12 Maret, kata kepala dokter sanitasi Zhandarbek Bekshin.

Negara Asia tengah yang bertetangga dengan China sejauh ini belum melaporkan adanya kasus virus Corona.

Sedangkan Serbia menutup perbatasannya bagi orang asing yang datang dari negara-negara yang paling terkena dampak wabah Coronavirus.

Larangan sementara berlaku untuk orang-orang yang datang dari "Italia, provinsi tertentu di China, Korea Selatan, Iran dan Swiss," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Sejauh ini empat orang di Serbia termasuk warga negara China telah dinyatakan positif mengidap Coronavirus.

Libanon catat kematian pertama
Seorang pria Lebanon berusia 56 tahun telah meninggal karena virus corona, menandai kematian pertama yang tercatat di negara itu akibat wabah yang sejauh ini telah menginfeksi 41 orang di negara itu.

Pria itu telah menerima perawatan di sebuah rumah sakit Beirut yang dikelola pemerintah, sebuah sumber kementerian kesehatan mengatakan kepada AFP, menambahkan bahwa pasien baru saja kembali dari Mesir, tempat virus itu juga menyebar.

Mongolia menyegel kota setelah coronavirus ditemukan
Mongolia telah melarang siapa pun memasuki atau meninggalkan kota-kotanya selama enam hari setelah melaporkan kasus pertama coronavirus.

"Ibukota Ulaanbaatar dan semua pusat provinsi dikarantina hingga 16 Maret untuk mengekang wabah itu," Wakil Perdana Menteri Enkhtuvshin Ulziisaikhan mengatakan pada konferensi pers.

Qatar melarang shisha di semua kafe dan restoran
Qatar telah memutuskan untuk melarang merokok shisha di semua kafe dan restoran di negara tersebut, sebagai langkah pencegahan terhadap Coronavirus, kata Kementerian Kesehatan Masyarakat.

"Keputusan itu diambil berdasarkan kondisi kesehatan saat ini serta sejalan dengan langkah-langkah pencegahan untuk mencegah infeksi Coronavirus (COVID-19)," kata pernyataan kementerian kesehatan .

Sejauh ini, ada 18 kasus infeksi yang dikonfirmasi di Qatar.

Jepang gelontorkan 4M US dolar
Jepang meluncurkan paket langkah-langkah kedua yang bernilai sekitar 4 miliar US dolar dalam pengeluaran untuk mengatasi dampak wabah koronavirus, dengan fokus pada memberikan dukungan kepada perusahaan-perusahaan kecil dan menengah, di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang ekonomi yang rapuh.

Paket 430,8 miliar yen ($ 4,1 miliar) dalam pengeluaran, mencerminkan tekanan pembuat kebijakan berada di bawah untuk meningkatkan pertumbuhan yang rapuh dan membendung risiko kebangkrutan perusahaan, karena peristiwa pembatalan dan melemahnya pariwisata mengancam akan memukul ekonomi dengan keras.

Untuk membantu mendanai paket itu, pemerintah akan memanfaatkan sisa cadangan anggaran tahun fiskal ini sekitar 270 miliar yen, kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Presiden Polandia membatalkan kampanye pemilu
Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan dia tidak akan mengatur pertemuan kampanye besar-besaran menjelang pemilihan umum pada bulan Mei mendatang, dalam upaya untuk menghentikan penyebaran Coronavirus.

"Saya telah membuat keputusan bahwa saya tidak akan mengatur pertemuan besar sehubungan dengan kampanye presiden saya, karena ini adalah pertemuan yang dihadiri ribuan orang," kata kantor berita negara PAP mengutip Duda mengatakan.

"Bagi saya, jika berlangsung memiliki risiko besar dapat menyebabkan penyebaran virus corona hingga meluas."

Flilipina tetapkan keadaan darurat kesehatan masyarakat
Departemen kesehatan Filipina telah mengkonfirmasi 11 kasus baru COVID-19, sehingga jumlah total orang yang terkena menjadi 35.

Presiden Rodrigo Duterte telah menempatkan Filipina di bawah keadaan darurat kesehatan masyarakat, dan menangguhkan semua kelas sekolah di ibukota hingga Sabtu.

Pembatasan lain dalam kegiatan sosial diberlakukan, termasuk penangguhan kunjungan di penjara nasional dan audiensi langsung di acara televisi.

Palestina mengkonfirmasi kasus-kasus baru, jumlah korban menjadi 26
Otoritas Palestina mengkonfirmasi kasus baru coronavirus di Tepi Barat yang diduduki. "Kementerian Kesehatan telah melaporkan kasus coronavirus baru di Bethlehem, yang meningkatkan jumlah orang yang terinfeksi coronavirus menjadi 26," kata juru bicara pemerintah Ibrahim Melhem dalam sebuah pernyataan.

Pekan lalu, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan keadaan darurat di Betlehem dan Jericho atas dugaan kasus coronavirus.

Hubei memperkenalkan sistem 'kode kesehatan' untuk membuat orang kembali bekerja
Pihak berwenang di Hubei China mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan menerapkan sistem pemantauan berbasis telepon seluler "kode kesehatan" untuk mulai memungkinkan orang untuk melakukan perjalanan di dalam provinsi, ketika mencoba untuk menghidupkan kembali keadaan normal.

Pernyataan itu, yang dipublikasikan di situs web pemerintah, mengatakan langkah itu bertujuan untuk mendorong dimulainya kembali pekerjaan dan produksi.

Presiden Cina Xi Jinping tiba di ibukota provinsi, Wuhan, pada hari Selasa untuk kunjungan pertamanya dan bertemu dengan para pekerja medis dan yang lainnya yang terlibat dalam perang melawan virus tersebut.

Singapura menghentikan pengobatan gratis untuk pasien asing COVID-19
Pengunjung asing harus membayar jika mereka dirawat karena COVID-19 di rumah sakit umum Singapura untuk "memprioritaskan" sumber daya mengingat peningkatan yang diharapkan dalam kasus-kasus, Kementerian Kesehatan mengatakan dalam laporan hariannya  tentang situasi coronavirus di negara itu. Keputusan mulai berlaku pada 7 Maret.

Pengujian pengunjung asing - orang-orang dengan izin kunjungan jangka pendek - masih akan bebas, sementara penduduk dan mereka yang menggunakan izin jangka panjang akan terus menerima tes dan perawatan gratis di fasilitas pemerintah, katanya.

Gates, badan amal lainnya menjanjikan 125 juta US dolar untuk perawatan COVID-19
Yayasan Bill & Melinda Gates, Wellcome dan Mastercard menjanjikan 125 juta US dolar untuk mendukung pengembangan perawatan untuk virus corona.

Upaya tersebut, yang dikenal sebagai COVID-19 Therapeutics Accelerator, akan fokus pada identifikasi, penilaian, dan pengembangan obat-obatan baru dan yang bertujuan ulang yang dapat digunakan untuk merawat pasien.

Ini juga akan fokus untuk memastikan obat-obatan terjangkau dan tersedia untuk populasi yang kurang beruntung.

Korban tewas di keruntuhan fasilitas hotel/karantina China melonjak menjadi 20
Korban tewas akibat runtuhnya sebuah hotel yang digunakan sebagai fasilitas karantina virus Corona di China timur telah meningkat menjadi 20, Kementerian Manajemen Darurat mengatakan pada konferensi pers pada hari Selasa. Sepuluh orang masih dikhawatirkan terperangkap di reruntuhan.

Bangunan di kota pantai Quanzhou digunakan untuk menampung orang-orang yang baru-baru ini berada di daerah yang terkena COVID-19, menurut surat kabar lokal Quanzhou Evening News. Gedung tersebut runtuh pada Sabtu malam.

Trump belum tes kesehatan terkait Coronavirus
Presiden AS Donald Trump belum diuji untuk virus Corona, meskipun setidaknya dua anggota parlemen dengan siapa dia baru-baru ini melakukan kontak dalam isolasi diri setelah menghadiri konferensi di mana seorang delegasi dikonfirmasi dengan virus.

"Presiden belum menerima tes COVID-19 karena dia tidak memiliki kontak dekat yang lama dengan pasien COVID-19 yang telah dikonfirmasi, juga tidak memiliki gejala. Presiden Trump tetap dalam kesehatan yang sangat baik, dan dokternya akan terus memantau dia dengan seksama," kata juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham dalam sebuah pernyataan.

Panama mengkonfirmasi kasus coronavirus pertama
Seorang wanita berusia 40 tahun di Panama telah dites positif mengidap coronavirus, kata menteri kesehatannya yang juga mengatakan sebagai kasus pertama negara tersebut.

Wanita yang tidak disebutkan namanya telah melakukan perjalanan dari Spanyol dan mencari perawatan di rumah sakit untuk demam dan batuk ketika dia tiba di Panama, Menteri Kesehatan Rosario Turner mengatakan kepada wartawan.

Wanita itu, yang kewarganegaraannya tidak diungkapkan, sejak itu dikirim pulang dalam kondisi stabil, tambah menteri.

Korea Selatan melaporkan 131 kasus baru coronavirus
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan negara itu memiliki  131 kasus virus corona baru pada hari Selasa, menjadikan total infeksi menjadi 7.513.

"(Jumlahnya) melanjutkan tren penurunan stabil yang telah kita lihat sekarang selama beberapa hari,"  kata Rob JBBride dari Al Jazeera dari Seoul. " Anda harus ingat ini didasarkan pada ribuan tes yang sedang dilakukan, secara aktif mencari kasus baru di antara kelompok berisiko tinggi."


31 orang di rumah perawatan Seattle dikonfirmasi dengan virus
Seorang juru bicara untuk panti jompo di wilayah Seattle - tempat wabah COVID-19 terburuk di AS - mengatakan bahwa 31 warga yang masih tinggal di rumah itu dinyatakan positif mengidap virus itu.

Pihak berwenang mengatakan 19 kematian akibat virus korona telah dikaitkan dengan Life Care Center of Kirkland, termasuk tiga yang diumumkan pada hari Senin.

Juru bicara Life Care Center Tim Killian mengatakan rumah itu masih menunggu hasil dari 20 tes lainnya. Killian mengatakan warga yang telah dites positif akan dirawat di pusat, dan mereka yang dites negatif akan dipindahkan ke bagian bangunan yang berbeda.

#Virus   #Corona   #Iran   #Wuhan