Virus Corona

Penumpang Ketiga Tewas dari Kapal Pesiar Diamond Princess Akibat Virus Corona

Hermansyah

Yokohama, HanTer - Penumpang ketiga telah meninggal setelah tertular virus corona pada kapal pesiar Inggris Diamond Princess yang masih dikarantina di dermaga Jepang di pelabuhan Yokohama. Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (23/2/2020), bahwa korban adalah seorang pria Jepang berusia 80-an yang juga menderita penyakit lain.

Pernyataan itu mengatakan pria itu dikeluarkan dari Diamond Princess dan dibawa ke rumah sakit setempat setelah dinyatakan positif COVID-19, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. "Penyebab kematian diberikan sebagai pneumonia," pernyataan itu menambahkan.

Insiden itu terjadi setelah dua penumpang kapal - seorang pria dan seorang wanita berusia 80-an - meninggal karena infeksi pada hari Kamis sebelumnya.

Lebih dari 540 orang telah terinfeksi di kapal pesiar Diamond Princess, yang awalnya membawa sekitar 3.700 penumpang dan awak, yang sebagian besar telah dipindahkan ke rumah sakit.

Hampir 500 penumpang akan mendarat di Diamond Princess yang terkena virus, merapat di Yokohama dekat Tokyo, mengakhiri cobaan yang dimulai pada 3 Februari.

Meskipun karantina diberlakukan pada Diamond Princess, 621 dari sekitar 3.700 orang di dalamnya - seperenam dari total - telah dinyatakan positif terkena virus.

Secara total, Jepang sejauh ini mencatat empat kematian terkait dengan wabah koronavirus baru, yang telah menginfeksi lebih dari 130 orang tidak termasuk mereka yang terkait dengan Diamond Princess.

Virus corona dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti pneumonia. Tanda-tanda umum termasuk demam, batuk, sesak napas, dan komplikasi pernapasan lainnya.