Di Tengah Kekacauan Politik Berlin

Macron Temui Pemimpin Partai Hijau Jerman

Hermansyah
Macron Temui Pemimpin Partai Hijau Jerman
Presiden Prancis Emmanuel Macron

Paris, HanTer - Istana Elysee mengatakan bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron akan bertemu para pemimpin Partai Hijau Jerman, di sela-sela kunjungan ke Munich pada Jumat (14/2/2020) mendatang, di tengah kekacauan politik di Berlin, di mana koalisi yang berkuasa berada di bawah ancaman.

Kantor Macron mengatakan, Macron, yang akan menghadiri konferensi keamanan tahunan Munich, akan mengadakan pertemuan pribadi dengan Robert Habeck dan Annalena Baerbock, dua pemimpin German Greens, yang popularitasnya meningkat.

Macron menjadi semakin frustrasi sejak agenda ambisius reformasi Uni Eropa-nya menemui perlawanan dari Jerman dalam masalah-masalah seperti reformasi zona euro, kebijakan perdagangan dan anggaran.

Pejabat Elysee mengatakan pertemuan Jumat tidak memiliki hubungan langsung dengan peristiwa politik di Berlin, yang dipicu oleh pemilihan negara bagian di Thuringia.

"Ini adalah bagian dari langkah untuk mengenal dan menunjukkan minat di Jerman, itu tidak boleh dilihat sebagai campur tangan dengan cara apa pun," kata seorang pejabat Elysee, mencatat bahwa Merkel telah bertemu Macron ketika dia hanya seorang kandidat selama presiden Perancis. kampanye pemilihan 2017.

"Pertemuan-pertemuan ini penting untuk memahami situasi politik di Jerman," kata pejabat itu. "Kita akan melalui fase penting, setelah pemilihan di Thuringia dan menjelang kepresidenan Jerman di UE pada paruh kedua tahun 2020."

Sebelumnya, Demokrat Sosial Jerman (SPD) memberi isyarat pada hari Rabu bahwa mereka dapat mundur sebagai mitra koalisi junior ke konservatif Angela Merkel jika dia dipaksa keluar sebagai kanselir setelah anak didiknya Annegret Kramp-Karrenbauer menyerah ambisinya untuk menggantikan Merkel.