Morales ke Kuba dari Argentina untuk Perawatan Medis

Hermansyah
Morales ke Kuba dari Argentina untuk Perawatan Medis
Pemimpin Bolivia yang terguling Evo Morales

Buenos Aires, HanTer - Pemimpin Bolivia yang terguling Evo Morales telah meninggalkan Argentina, tempat ia melarikan diri pada November sebagai pengasingan politik, ke Kuba untuk menjalani prosedur medis. Hal tersebut diungkapkan juru bicaranya, pada Senin (10/2/2020).

Morales, yang merupakan ikon sosialis Amerika Selatan, meninggalkan Bolivia setelah para pejabat di sana membatalkan kemenangannya dalam pemilihan Oktober lalu, menyusul tuduhan kecurangan dalam pemilihan.

"Mantan presiden Evo Morales tadi malam melakukan penerbangan tanpa jadwal ke Kuba karena alasan kesehatan. Dia diharapkan untuk kembali akhir pekan ini dan akan melanjutkan agendanya yang dijadwalkan," kata juru bicaranya, seperti dilansir Reuters.

Sejak tiba di Argentina, Morales telah berkampanye untuk partai Gerakan Sosialisme (MAS) menjelang pemilihan presiden mendatang di Bolivia pada 3 Mei nanti.

MAS, memimpin dalam jajak pendapat baru-baru ini terhadap oposisi yang terpecah, tetapi tidak cukup untuk menghindari putaran kedua.